PURWOREJO – Tanah bengkok seluas hampir satu hektare disulap menjadi embung di Desa Semawung, Kecamatan Purworejo. Mendapatkan bantuan dari Kemendes untuk BUMDes, diharapkan hingga akhir September proses pembangunannya selesai.

Wakil Bupati Yuli Hastuti dalam kesempatan Bupati Saba Desa di desa itu menyempatkan melihat dari dekat proses pembangunannya. Ia mendukung langkah pemdes yang akan mengembangkan embung itu menjadi sebuah destinasi wisata.

“Saya suport untuk pembangunan ini, apalagi tidak hanya untuk pengairan sawah tapi juga dikembangkan menjadi objek wisata,” kata Yuli Hastuti Selasa (7/8).

Makin berkurangnya pasokan air sawah diakui Yuli menjadi salah satu perhatian pihaknya. Terobosan pembuatan embung dinilai sebagai langkah tepat untuk mengatasi masalah itu. “Purworejo ini penopang pangan di Jateng dan berusaha untuk mempertahankan. Ada kendala di lapangan, ya dicari solusinya,” ungkapnya.

Melihat keberadaan embung di bekas areal sawah dan latar belakang pegunungan Menoreh, diyakininya bisa mengundang masyarakat untuk datang. Dia meminta pemdes nantinya bisa memberikan beberapa bangunan pendukung agar keberadaan embung makin menarik.

Kepala Desa Semawung Samud Purnomo mengatakan, pembuatan embung mendapat pendanaan dari APBN senilai Rp 270 juta dengan lahan yang dipergunakan seluas 1.900 m2. Lokasi embung berada di RT 3 RW 1 Semawung. “Tujuan utama embung memang untuk mengaliri sawah seluas sekitar 50 hektare,” kata Samud.

Dikerjakan secara swakelola, proses awal dilakukan sejak Juli 2018 kemarin. Diharapkan embung sudah bisa mulai mendukung musim tanam pertama esok. “Dukungan pengisian air di embung utamanya dari daerah irigasi Kalisemo serta curah hujan,” tambahnya.

Adapun persiapan sebagai wahana wisata akan dilakukan seiring selesainya pembangunan. Pihaknya telah menyiapkan anggaran dana desa untuk dukungannya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengembangan Kerja Sama Desa dan Kawasan Perdesaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo Anas Naryadi mengungkapkan, selain Semawung pembangunan embung ada di Desa Sawangan, Kecamatan Pituruh. Di luar kedua desa masih ada Desa Sedayu (Kecamatan Bener), Desa Nambangan (Kecamatan Grabag) dan Desa Sumber (Kecamatan Pituruh) yang mendapatkannya.

“Hanya ketiga desa itu sampai saat ini belum ada pencairan. Dan yang sudah jalan baru dua yakni Semawung dan Sawangan,” kata Anas. Perolehan dana pembangunan atas proposal yang diajukan desa. Dari Kemendes dilakukan verifikasi untuk melihat layak tidaknya desa pemohon. (udi/laz/fn)