PURWOREJO – Sebutan ‘Kabupaten Pramuka’ tetap layak disandang Purworejo. Setidaknya raihan terakhir yang diperoleh Pramuka Penegak di level Jawa Tengah menjadi salah satu buktinya.

Ya, kontingan Pramuka Purworejo yang berasal dari SMKN 1 untuk putra dan SMAN 5 Purworejo di bagian putri, mampu membawa pulang sebanyak 10 piala dari berbagai mata lomba dalam Gladi Widya Cakra Adhibirawa 2018 di Bumi Perkemahan Karanggeneng, Kabupaten Semarang, Minggu (5/8). Bahkan di bagian putri, Purworejo mampu menempatkan diri sebagai juara umum.

Secara keseluruhan dalam lomba Pramuka Penegak yang merupakan perlombaan khusus milik Kwartir Daerah Jawa Tengah ini, regu putri yang menjadi juara umum bisa mendapatkan nomor di beberapa lomba, di antaranya Juara 2 Perpetaan, Juara 2 Pionering, Juara 3 Menaksir, dan Juara 3 Ngadi Saliro Ngadi Busana. Sementara di bagian putra perolehannya meliputi Juara 1 Karya Cipta Pramuka, Juara Harapan 1 Perpetaan, Juara Harapan 3 Pionering, Juara Harapan 3 Ngadi Saliro Ngadi Busono dan Harapan 3 Semboyan.
Kepala SMAN 5 Purworejo Wicaksana Agus Purnomo menyatakan bersyukur atas prestasi yang diperoleh peserta didiknya. Ini menjadi kado terindah menjelang Hari Pramuka yang jatuh 14 Agustus.

“Dari awal kami memang optimistis bisa mendapatkan beberapa nomor. Tapi menjadi juara umum menjadi hal yang luar biasa,” ujar Wicaksana kemarin (6/8).
Menurut Wicaksana, kegiatan kepramukaan di sekolahnya memang telah berjalan dengan baik. Ia hanya meneruskan tradisi prestasi yang ada. Dukungan dari pendamping serta keseriusan anak dalam melaksanaan ekstra wajib itu menjadi kunci sukses keberhasilan. “Ini melecut kami untuk bisa lebih baik lagi,” tambah Wicaksana.

Sementara itu Kepala SMKN 1 Purworejo Budiyono juga menyatakan kebanggaannya terhadap prestasi anak-anaknya. Walaupun belum bisa menjadi yang terbaik, keikutsertaan dalam kegiatan di provinsi itu menjadi pengalaman tersendiri.

“Tidak semua bisa mendapatkan pengalaman seperti itu dan anak-anak telah menunjukkan prestasi terbaiknya,” kata Budiyono.
Terpisah, Wail Ketua Kwartir Cabang Pramuka Purworejo Bidang Bina Muda Soekoso DM mengungkapkan, perwakilan Purworejo yang dikirim dalam lomba tingkat Jateng itu telah dilakukan seleksi di tingkat kabupaten. “Gladi Widya Cakra Adhibirawa ini merupakan program khusus milik Kwarda Jateng sebagai bentuk perlombaan ketrampilan tingkat penegak,” ujar Soekoso.

Merupakan gabungan antara ketrampilan dan kebudayaan, banyak nilai plus dari perlombaan itu. Di antaranya melatih kemandirian dan kerja sama anggota dalam satu kontingen. Selain itu ada beberapa lomba yang dilakukan secara perorangan atau dua orang. (udi/laz/mg1)