Seiring majunya dunia pendidikan memunculkan banyak usaha atau bisnis yang menyangganya. Salah satunya usaha kos-kosan yang banyak dicari pelajar atau mahasiswa perantau. Nah, untuk memudahkan mencari tempat kos-kosan, kini muncul aplikasi pencari kos. Namanya Mamikos.com.

Mamikos.com merupakan platform yang hadir untuk membantu mereka yang tengah membutuhkan tempat tinggal kos. CEO Mamikos.com Anggit Tut Pinilih mengatakan ide awal dibuatnya aplikasi ini adalah untuk membantu menjembatani kebutuhan pencarian kos dengan kebutuhan pemilik kos.”Melalui aplikasi ini, pencari kost dapat menemukan kos yang cocok dengan lebih mudah, cepat, dan akurat,’’ jelasnya.

Seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap kos, saat ini Mamikos.com telah diunduh di Playstore dan IOS Store oleh lebih dari 1,6 juta user. Sebanyak 54. 823 kos telah terdaftar di aplikasi dan tersebar di banyak kota, seperti Jakarta, Depok, Bandung, Jogja, Surabaya dan 572 kota dan kabupaten lainnya di Indonesia.

Semua kost yang terdaftar pun telah melalui proses verifikasi oleh 7235 agen-agen Mamikos yang tersebar di seluruh Indonesia. Anggiit menambahkan, Mamikos.com mempertemukan pencari kos dan pemilik kos. Data kos di internet selama ini nggak dijaga update-nya. Karena data lama, kadang-kadang tempat kosnya sudah diambrukin.

Menurut Anggit, aplikasi ini merupakan salah satu dobrakan baru di dunia start-up yang mampu memberi solusi dengan menerapkan sistem economic sharing sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. (sky/din/mg1)