JOGJA – Warga RW 16 Mulyorejo, Sorosutan, Umbulharjo, menggelar lomba unik menyambut HUT Kemerdekaan ke-73 RI. Warga di bantaran Kali Code ini menggelar lomba mengumpulkan sampah di sungai.

“Kami mengajak warga ikut menjaga kebersihan sungai. Sampah-sampah ini jelas merusak ekosistem sungai,” ujar ketua pemuda setempat Arwadi Mustofa Minggu (5/8).

Kata Mustofa, lomba tersebut menjadi alat menyatukan warga. Bersama-sama membersihkan bantaran sungai.

Para peserta, anak-anak dan orang tua, harus melakukan hormat pada bendera Merah Putih di setiap pos yang dilewati. “Ada penambahan nilai kalau peserta hormat dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di setiap pos,” kata Arwadi.

Setidaknya 70 warga berbagai usia mengikuti lomba tersebut. Mereka mengumpulkan sampah plastik, sampah rumah tangga, dan daun kering.
Warga Mulyorejo sendiri tidak pernah membuang sampah di sungai. Sebab setiap rumah disediakan tong sampah besar yang diambil petugas seminggu sekali.

Mustofa berharap kegiatan membersihkan sungai bisa menjadikan Mulyorejo menjadi kampung wisata. Apalagi banyak kegiatan seni dan budaya yang dikembangkan warga setempat.

“Semoga bisa menarik wisatawan lokal maupun asing. Kami punya karawitan, tari-tarian tradisional, jatilan, dan musik angklung,” kata Arwadi.

Salah seorang warga, Ken Agustian antusias mengikuti lomba tersebut. Selain positif untuk lingkungan juga mengajarkan warga peduli kebersihan sungai. (ita/iwa/fn)