PURWOREJO – Dua pasar tradisional yang menjadi tanggung jawab Pemkab Purworejo di wilayah selatan dilakukan peningkatan. Berada di dekat kawasan calon New Yogyakarta International Airport (NYIA) Kulonprogo, ada penyesuaian bangunan dengan posisi jalan.

Kedua pasar yang dilakukan penanganan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2018 itu meliputi Pasar Jenar dan Pasar Purwodadi di Kecamatan Purwodadi. Kedua pasar yang masuk tipe D itu selama ini belum diberikan peningkatan dan ditargetkan hingga akhir tahun proses pembangunnnya usai.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DinKUKMP) Purworejo Gandi Budi Supriyanto mengatakan, anggaran peningkatan Pasar Jenar lebih besar yakni Rp 1,7 miliar, sementara Pasar Purwodadi ditargetkan menghabiskan anggaran Rp 1,3 miliar.

“Khusus Pasar Purwodadi sekalian dilakukan penataan karena posisinya selama ini agak mepet dengan jalan menuju ke arah Krendetan. Menyongsong adanya NYIA di Kulonprogo, posisi kios yang akan dibangun agak dimundurkan karena menyesuaikan dengan kebutuhan jalan ke depannya,” ujar Gandi didampingi Kepala Bidang Perdagangan Sri Suhartini.

Sementara untuk penataan Pasar Jenar tidak terlalu mengubah posisi kios yang akan dibangun. Dalam pasar itu sendiri selama ini sudah tertata baik, hanya bangunannya yang belum maksimal. “Jenar tidak ada perubahan yang berarti karena konsepnya sudah jadi dan tidak ada masalah dengan jalan,” tambah Gandi.

Pasar-pasar tradisional tipe D di Kabupaten Purworejo sebagian sudah dilakukan penataan menggunakan DAK. Pemkab sendiri belum bisa mengalokasikan khusus melalui APBD karena keterbatasan anggaran yang dimiliki. “Jadi kami memang lakukan secara bertahap penataan pasar Tipe D di Kabupaten Purworejo. Karena keterbatasan anggaran di Pemkab, makanya kami lebih mengandalkan pada DAK,” kata Gandi.

Tercatat setidaknya ada 27 pasar tradisional yang dikelola Pemkab Purworejo hingga saat ini. Terdiri dari beberapa tipe, beberapa pasar yang belum diberikan penanganan diantaranya Pasar Tegalmiring di Kecamatan Banyuurip dan Pasar Kedungsri dan Pasar Mundusari di Kecamatan Butuh. (udi/laz/mg1)