SLEMAN – Secara mengejutkan PSS Sleman mencoret kapten Hisyam Tolle dari daftar pemain yang akan berlaga di putaran kedua Liga 2 Indonesia. Sealin Tolle, PSS Sleman juga telah mengonfirmasi lima pemain yang didepak dari skuad Super Elja (Elang Jawa, Red).

Selain Tolle, empat pemain yang harus angkat kaki dari Stadion Maguwoharjo, yakni Rizki Arya, Sahrul Kurniawan, Yudi Khoeruddin, Taufan Hidayat. Selain itu, pemain gaek eks timnas Syamsul Chaeruddin juga menjadi salah satu pemain yang disebut-sebut akan angkat kaki dari PSS Sleman.

Dicoretnya kapten PSS Sleman ini tentu sangat mengejutkan. Apalagi, bek tengah berdarah Bugis ini kerap menjadi pilihan utama pelatih Seto Nurdiyantara, meski di laga terakhir saat melawan Persiwa Wamena tidak bermain akibat kartu merah yang diterima saat melawan PSIM Jogja.

Terkait pencoretan pemain, Seto menyatakan keputusan tersebut diambil berdasarkan evaluasi tim secara menyeluruh. Evaluasi, tidak didasarkan pada sosok dan teknik yang dimiliki oleh pemain semata. ”Selain teknik kami pertimbangkan psikis dan emosionalnya juga,” kata Seto Rabu (1/8).

Setelah melepas sejumlah pilar ini, PSS Sleman telah membidik sejumlah nama yang telah disiapkan. Pemain-pemain yang menjadi incaran, nantinya akan mengisi pos yang selama ini menjadi sorotan.

Seto sendiri berharap, terdapat pemain baru yang mengisi sejumlah lini untuk mengisi kedalaman skuad. ”Kendala yang kami hadapi pada puturan pertama yakni kesimbangan tim. Kami ingin punya pemain dengan kualitas merata di setiap lini,” jelasnya.

Salah satu pemain PSS Sleman yang diepas Sahrul Kurniawan bakal merapat ke tim Liga 1 Madura United. Kepastian Sahrul berseragam tim Sapeh Kerrab tinggal menunggu negosiasi kontrak. ”Sahrul saya dengar infonya ke Madura United,” kata Seto.

Sementara itu Hisyam sendiri mengaku terkejut dicoret secara sepihak oleh tim. Pencoret Sahrul dari tim, dilakukan melalui sambungan telpon. ”Kemarin malam dikabari sama menejer bahwa saya tidak lagi masuk dalam tim.” Kata Sahrul.

Kepergian Tolle, sediri menghadirkan spekulasi. Kabar yang beredar, PSS kini tengah membidik bek tengah Persiba Balikpapan, Sunni Hizbullah. Sunni sendiri kini tengah menjalani pemulihan, pasca cedera patah tulang tangan. Namun, saat dikonfirmasi kepada yang bersangkutan pun membantah kabar kepindahan ke PSS Sleman. ”Tidak benar kabar itu,” kata eks pemain PSIM Jogja. (bhn/din/mg1)