PERTANYAAN
Dok, saya laki-laki usia 20 tahun saat ini masih aktif kuliah. Dulu waktu SMP pernah mimisan jika kecapekan tetapi sudah berhenti lama. Tapi akhir-akhir ini sering mimisan kalau kecapekan, pusing dan jika bersin terlalu keras pasti mimisan. Terkadang tiba-tiba mimisan. Tubuh saya jadi sering lemah bahkan dalam sebulan ini saya demamnya kambuh dan nyeri kepala sebelah. Gejala apa? Terima kasih.

Reno Aji-Karanganyar

JAWABAN
Saya mengerti kekhawatiran yang Mas Reno rasakan. Mimisan atau yang dikenal sebagai epistaksis dalam bahasa kedokteran adalah perdarahan dari hidung akibat pecahnya pembuluh darah di dalam hidung yang sering ditemukan sehari-hari.Hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri.
Penyebab mimisan dibagi menjadi dua bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah trauma, infeksi, tumor ganas dan kelainan anatomi hidung bawaan dan alergi hidung (Rinitis Alergi). Penyebab sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin.

Namun untuk menjawab secara pasti apa penyebab pasti mimisan harus dilakukan pemeriksaan THT secara menyeluruh dan diterapi sesuai penyebabnya.

Bila terjadi mimisan maka dapat dilakukan hal-hal berikut ini: memencet hidung selama 5-30 menit tanpa interupsi agar perdarahan terkontrol, biasanya 5-10 menit sudah cukup. Hidung dapat dikompres es batu dan mengulum es batu. Duduk dengan posisi sedikit condong maju ke depan (supaya darah dan sekresi lainnya tidak masuk ke tenggorok), Jika dalam 30 menit mimisan tidak juga berhenti, atau jika memiliki riwayat mimisan sering berulang, saya sarankan Mas Reno untuk memeriksakan diri ke dokter Spesialis THT untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang sesuai.

Pencegahan untuk menghindari mimisan berulang dapat dilakukan dengan rutin mencuci hidung, jangan mengorek hidung terlalu dalam, hindari memelihara kuku panjang dan apabila udara sedang dingin gunakan masker. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mimisan. Semoga bermanfaat.