MAGELANG – Setiap gelaran Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Magelang selalu muncul optimisme, juaranya bakal mempromosikan pariwisata daerah. Hal itu juga kembali tercetus dalam final ajang pemilihan tahun ini di Atrium Artos Mall, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Kamis (26/7) Malam.
Seperti harapan yang disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kabupaten Magelang Eko Triyono. “Nantinya mereka yang terpilih sebagai duta wisata, bertugas mempromosikan pariwisata dan budaya Kabupaten Magelang. Dengan harapan jumlah wisatawan meningkat secara signifikan,” katanya.

Harapan besar itu kini ada di pundak pasangan Furqon Widiantara Aji dan Handri Ayu Diah Mustika, yang tahun ini dinobatkan sebagai Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Magelang. Mereka menggantikan pasangan Faisal Anggi Tofani dan Zahrul Kharida Silmi, juara tahun 2017.

Furqon dan Handri bakal menjadi wakil Pemkab Magelang untuk promosi sektor pariwisata pada even skala lokal, regional, maupun nasional. “Sekaligus sebagai salah satu ujung tombak promosi daerah,” tutur Eko Triyono.

Pasangan juara telah mengalami seleksi dan proses yang bertahap. Keduanya terpilih dari 78 peserta, yang kemudian diseleksi menjadi 30 orang untuk maju ke babak final. Mereka dipilih oleh dewan juri yang terdiri atas Totok Prihastanto untuk penampilan dan kostum, Susilo Anggoro (Bahasa Jawa), Sahrudin (pariwisata), Hikmatun Fitriati (psikologi) dan Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo.

Juara kedua untuk ajang itu diraih pasangan Muhammad Zikri Roshidi dan Yiska Gio, juara ketiga pasangan Imam Setyo dan Novi Nikmatul Hasanah, serta juara favorit direbut Furqon Widiantara Aji dan Novi Nikmatul Hasanah. Selain itu ada juara persahabatan yang disandang pasangan Rahmad Susilo dan Salwa Basyasyah, kemudian juara kepribadian dinobatkan kepada Muhammad Burhanuddin dan Kusliyana Wati. Para juara berhak mendapatkan tropi, uang pembinaan, dan voucher.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Pemkab Magelang Iwan Sutiarso berharap ajang pemilihan ini dapat mewujudkan Kabupaten Magelang menjadi tujuan wisata berkualitas unggulan. Juga mampu membawa dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian nasional dan daerah, terutama di sektor pariwisata. Ujungnya akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Magelang.

“Mas dan Mbak Duta Wisata yang terpilih nantinya juga akan mewakili Kabupaten Magelang dalam ajang Mas dan Mbak Duta Wisata di tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan dilaksanakan Oktober 2018,” tandas Iwan. (dem/laz/fn)