PURWOREJO – Sedikitnya 728 calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Purworejo mulai diberangkatkan ke Tanah Suci dalam waktu yang berbeda sejak Jumat (27/7). Terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter), secara simbolis keberangkatan mereka dilepas Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti dari Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Kepala Kantor Kemenag Purworejo Bambang Sucipto mengatakan, CJH Purworejo masuk dalam kloter 36, 37 dan 38. Perinciannya calhaj kloter 36 sebanyak 65 orang, kloter 36 ada 85 orang, kloter 37 sebanyak 355 orang, dan kloter 38 berjumlah 308 orang.

Total dari Purworejo sebanyak 728 orang dan di setiap kloter ada petugas pendamping sebanyak enam orang. “Rombongan pertama menggunakan dua unit bus sudah berangkat terlebih dahulu sekitar pukul 05.30. Kloter 37 menggunakan 8 unit bus berangkat pukul 08.00 dan terakhir berangkat ke Donohudan Jumat pagi pukul 02.00 dengan tujuh unit bus,” kata Bambang Sucipto di sela pemberangkatan kloter 37.

Bambang menjelaskan, dari total CJH yang ada, ada dua calon jamaah yang harus berangkat paling akhir dan masuk kloter sapujagat atau kloter 95. Mereka akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan pada 14 Agustus mendatang.

Ditambahkan, tercatat ada dua calon jamaah haji yang gagal berangkat dikarenakan meninggal dunia. “Harapan kami nanti seluruh calon jamaah haji tidak memiliki masalah dan langsung bisa diterbangkan,” jelas Bambang.
Meski demikian, kemungkinan adanya haji yang harus ditinggal tetap ada karena saat berada di Donohudan seluruh jamaah akan dilakukan pengecekan kesehatan. Jika memiliki masalah kesehatan akan tertahan dan jika diperlukan penanganan lebih jauh akan dirujuk ke RS Moewardi Surakarta.

Sementara itu, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti dalam sambutan pelepasannya meminta seluruh jamaah haji agar selalu menjaga kesehatannya. Menurutnya, kesehatan menjadi hal yang sangat penting selama menjalani peribadahan haji.

“Selalu jaga kesehatan dan berkonsultasi dengan tim medis kalau ada keluhan,” kata Yuli. Ia juga mengaku akan memberikan doanya bagi seluruh jamaah haji, sehingga seluruh prosesi haji bisa dilakoni dan semuanya bisa kembali ke Purworejo dengan selamat. (udi/laz/fn)