JOGJA – Menjelang Idul Adha 1439 H PKPU Human Initiative (HI) meluncurkan program Sebar Qurban Nusantara (SQN). Peluncuran dilakukan di kantor PKPU HI DIJ Jl. Prof Dr Sardjito nomor 4, Cokrodiningratan, Jetis (24/7).

Bertema Insya Allah Qurban, PKPU HI mengajak masyarakat meniatkan diri berkurban. Program tersebut telah dimulai sejak 2000.

Membantu menyalurkan hewan kurban masyarakat ke daerah-daerah terpencil dan pedalaman Indonesia. Bahkan hingga ke negara lain yang tertimpa bencana kekeringan, krisis pangan, dan konflik perang.

Pada 2017 PKPU HI menyalurkan sebanyak 19.431 hewan kurban. Sebanyak 233.172 keluarga telah merasakan manfaat program SQN tersebut. Tahun ini PKPU HI Cabang DIJ berkomitmen akan memerluas jangkauan distribusi daging kurban.

Ketua Tim Kurban Cabang Jogja Muthori mengatakan PKPU HI DIJ akan mengajak 400 orang berkurban dengan 4.000 penerima manfaat.

Kepala Kemitraan PKPU HI DIJ Surahmadi mengatakan penyaluran hewan kurban PKPU HI tahun ini menjangkau daerah-daerah terpencil DIJ. Termasuk lokasi yang sulit dijangkau seperti Papua dan Pulau Rote.

Selain itu juga akan disalurkan ke negara yang mengalami krisis pangan seperti Somalia dan Kenya. Termasuk mengirimkan ke negara konflik perang di Suriah, Pattani (Thailand), Myanmar dan pengungsi Rohingya di Cox Bazzar, Bangladesh.

“Lokasi-lokasi tersebut menjadi perhatian kami. Demi menjangkau penerima manfaat yang lebih luas dan merata. Kami pastikan daging kurban dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat yang sangat membutuhkan,” ungkap Surahmadi.

Manfaat Kurban di PKPU Human Initiative memberdayakan peternak local. Yakni melalui program Binter-Q (Bina Ternak Qurban) yakni kelompok binaan ternak bagi masyarakat kecil.

PKPU Human Initiative menawarkan beberapa tipe produk kurban. Dikelompokkan berdasarkan lokasi penyalurannya dengan harga mulai Rp 1.595.000.

“Semoga dapat membantu masyarakat yang ingin berkurban namun terkendala mahalnya harga hewan kurban,” ungkap Muthori.

Setiap hewan kurban berbobot sekitar 23 kilogram untuk kambing. Sedangkan sapi berbobot sekitar 230 kilogram dengan tetap memperhatikan standard quality control (QC passed) terhadap kualitas hewan kurban sesuai syariat. (obi/iwa/fn)