PURWOREJO- Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo meraih penghargaan dari Pemprov Jawa Tengah sebagai pelaksana terbaik ketiga Pemilihan Pengelola Kelompok BKB Holistik Integratif tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Penyerahan sertifikat dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Ketua TP PKK Purworejo Fatimah Verena Prihasytari dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 dan Hari Anak Nasional (HAN) 2018 di Alun-Alun Purworejo, Rabu (25/7).

Purworejo juga mengondol juara dalam Lomba Pelaksana Terbaik Advokasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Program KKBK. Purworejo berhasil menyisihkan Kabupaten Blora dan Kabupaten Sragen yang berada di peringkat kedua dan ketiga.

Fatimah Verena Prihastyari mengakui, meski belum menjadi yang terbaik namun hal itu akan menjadi pelecut untuk mendorong TP PKK Kabupaten Purworejo ke depan.

”Kami terus berusaha agar program-program pokok PKK yang menjadi acuan kami bisa terlaksana maksimal,” kata Fatimah.

Ketua TP PKK Provinsi Jateng Atikoh Ganjar Pranowo mengungkapkan peringatan Harganas dan HAN di tingkat Jawa Tengah memang sengaja disatukan. Ini untuk merevitalisasi peran keluarga agar dalam ruang itu bisa menjadi tempat berkumpul, berinteraksi, bercengkrama dan tidak tergantikan. “Keluarga menjadi pondasi utama untuk pendidikan anak,’’ tegasnya.

Ganjar Pranowo sendiri menyampaikan, keluarga bahagia bisa terbangun melalui komunikasi antar anak dan orang tuanya. Tanpa komunikasi yang baik niscaya sebuah keluarga yang baik dan ramah bakal terwujud.”Pesan saya, jangan ada pernikahan dini. Selain kesehatan reproduksinya belum siap, pendewasaannya juga belum siap,” kata Ganjar. (udi/din/fn)