SLEMAN – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk melebarkan sayapnya hingga kawasan Asia. Kali ini yang menjadi target penjualan adalah Filipina. Melengkapi upaya tersebut, sebuah produk iklan telah disiapkan.
Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat menghadirkan konsep unik dalam iklan tersebut. Tidak hanya mengenalkan produk, Irwan juga mengenalkan potensi wisata Indonesia. Produk iklan yang disiapkan berlatar belakang Candi Prambanan dan Malioboro.

“Harus jeli mengemas iklan. Bukan hanya mengenalkan produknya saja. Sido Muncul selalu mengemas iklan seperti itu. Salah satunya, menampilkan keeksotisan objek wisata di Jogjakarta,” kata Irwan ditemui di sela pengambilan gambar di Candi Prambanan Rabu (25/7).

Sido Muncul menggandeng artis Filipina Kris Aquino. Dia adalah anak Presiden Filipina ke-11 Corazon Aquino. Kris dipilih menjadi brand ambassador Sido Muncul di Filipina. Sebelumnya Sido Muncul juga pernah menggandeng petinju Filipina Manny Pacquiao.

Skenario yang ditampilkan berupa lanskap keindahan Candi Prambanan. Shooting berlanjut hingga malam hari di kawasan Magkubumi hingga Malioboro. Irwan sengaja memilih lokasi tersebut karena menjadi ikon wisata Jogjakarta.

“Mengenalkan wisata Indonesia ke Filipina agar tahu bahwa wisata di Indonesia maju. Tentang segmen kenapa Filipina? Karena di sana juga ada budaya minum jamu. Tradisi ini sama seperti di Indonesia,” ujar Irwan.

Wakil Direktur Marketing PT Sido Muncul Maria Reviani Hidayat mengatakan tanggapan publik Filipina terhadap Tolak Angin sangat bagus. Apalagi pangsa pasar Filipina mengedepankan produk dengan ramuan herbal dan natural.
“Berdasarkan survei rasa, Tolak Angin diterima di Filipina. Kris bersedia menjadi brand ambassador setelah mengenal produk kami. Sebelumnya sudah kami kirim produk dan akhirnya suka dan bersedia membintangi iklan Tolak Angin,” kata Maria.

Adik dari Presiden ke-15 Filipina Benigno Aquino mengakui produk Sido Muncul istimewa. Dia tidak hanya melihat komposisi produk namun sejarah berdirinya PT Sido Muncul. Kekagumannya muncul saat mengetahui pabrik jamu herbal ini diwariskan dari generasi ke generasi.

Kris sempat mencari informasi profil perusahaan di internet. Berdasarkan referensi inilah dia bersedia membintangi iklan Tolak Angin. Dia juga suka produk andalan Sido Muncul tersebut.

“Perusahaan telah berdiri puluhan tahun, lalu Corporate Social Responsibility (CSR)-nya juga bagus. Bangga bisa terpilih mengenalkan produk ini ke negara saya. Satu produk lainnya yang saya suka adalah Tolak Angin Care. Semoga produk ini juga segera menyusul tersedia di Filipina,” ujar Kris. (**/dwi/iwa/fn)