PURWOREJO – Komitmen dan kepemimpinan Bupati Purworejo H Agus Bastian SE, MM dalam menggerakkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, mendapatkan apresiasi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Secara langsung penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Puan Maharani.

Penghargaan ini sesuai dengan surat Keputusan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Nomor: 57/Kep/02/2018 tentang Penerima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, dan Dharma Karya Kencana tahun 2018.

Kabag Humas Setda Purworejo Agus Ari Setyadi S.Sos yang turut hadir dalam kegiatan itu mengatakan, pemerintah pusat mengapresiasi kinerja dari gubernur, bupati/wali kota serta TP PKK yang bisa mendorong daerah mendapatkan penghargaan tersebut.

“Ibu Menko mengajak para kepala daerah yang hadir untuk menjadikan peringatan Harganas bukan sekadar seremonial, melainkan harus diwujudkan pembangunan manusia Indonesia melalui penguatan keluarga berketahanan,” kata Agus Ari.

Agus juga menyampaikan sambutan dari Plt Kepala BKKBN Sigit Priohutomo yang mengatakan, penghargaan diberikan atas dedikasi sejumlah pihak yang dinilai berhasil dalam melaksanakan program pemerintah. Dikatakan, ada enam jenis penghargaan yang diberikan.

Pertama, Satya Lencana Pembangunan yang diberikan untuk 21 gubernur, bupati/wali kota. Ada pula Satya Lencana Wira yang diberikan kepada organisiasi kewanitaan.

Penghargaan selanjutnya berupa Manggala Karya Kencana terhadap 74 gubernur, bupati/wali kota dan PKK. Ada juga penghargaan Wira Karya Kencana untuk empat profesi, serta Dharma Karya Kencana untuk 17 mitra kerja. Terakhir, Cipta Karya Kencana untuk dua mitra kerja.

“Pak bupati sendiri menyampaikan rasa syukurnya dan penghargaan ini khusus untuk warga Purworejo yang telah mengikuti program kependudukan, keluarga berencana dengan baik,” kata Agus Ari. (*/udi/laz/fn)