Ibu memegang peran penting dalam keluarga untuk mendidik anak. Bisa disebut super woman, sosoknya sangat menginspirasi dan mampu membentuk sebuah sosok hebat dan berkarakter.

Tema Hari Keluarga Nasional Ke-25 dan Hari Anak Nasional 2018 Tingkat Jawa Tengah, “Hari Keluarga, Hari Kita Semua Wujudkan Anak Jawa Tengah yang Genius (Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat) sangat tepat. Pesan khusus bagi seluruh keluarga di Jawa Tengah untuk membentuk anak-anak yang berkualitas.

Ketua Tim Penggarak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Purworejo Hj Fatimah Verena Prihastyari SE melihat, anak-anak berkualitas dalam sebuah kelurga tidak bisa dilepaskan dari sosok seorang ibu.
“Sosok ibu dalam sebuah keluarga menjadi sangat pokok. Kita bisa lihat saat ini begitu maraknya pemanfaatan smartphone. Dan tanpa pengawasan yang baik, hal yang negatif akan begitu cepat mempengaruhi anak,” kata Fatimah.

Diungkapkan, tidak bisa sepenuhnya smartphone disalahkan karena banyak hal positif yang disajikan. Sebagai contoh dalam gengaman itu banyak ilmu yang disajikan sampai dengan bidang keagamaan. “Saya melihat soliditas dan kehatangan dalam keluarga menjadi kunci utama keberhasilan keluarga tersebut,” jelasnya.

Melihat kondisi yang ada saat ini, TP PKK sebagai salah satu pusat kegiatan kaum perempuan memang dituntut untuk mampu meningkatkan wawasan dan pemahaman seorang ibu. Bertindak sebagai ketua, Fatimah mengaku selaLu menekankan kepada anggota PKK untuk selalu peduli dengan masyarakat.

“Kami sebagai mitra OPD (organisasi perangkat daerah) khususnya di bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, kerap turun ke bawah sesuai pokja yang ada,” tambahnya.

Dikatakan, kegiatan yang dilakukan TP PKK selalu disinkronkan dengan OPD terkait. Dengan koordinasi yang baik akan menjadikan semua bisa maksimal dan tidak tumpang tindih di lapangan. Tak pelak, ia selalu menekankan anggota agar terus berkoordinasi dengan OPD saat melaksanakan kegiatan.

“Kami bangga dipilih sebagai tuan rumah Harganas XXV dan HAN 2018 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kami sejak awal sudah siap, karena banyak hal positif yang bisa kami petik,” ujar Fatimah.

Selain bisa memamerkan aneka produk unggulan yang dihasilkan pengusaha kecil menengah, banyak bantuan yang diterima masyarakat Purworejo. Dan tidak kalah penting adalah bisa mengenalkan potensi yang dimiliki Purworejo, khususnya di bidang pariwisata.

Ia berharap tekad Purworejo dengan Romansa Purworejo 2020 akan berjalan dengan baik dan harapannya peningkatan kesejahteraan keluarga akan tercapai. (*/udi/laz/fn)