PURWOREJO – Pencopotan Muh Dahlan sebagai Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Purworejo sesuai usulan partai, berimbas pada kekosongan posisi ketua. Ketua DPRD Luhur Pambudi Mulyono berinisiatif segera melakukan pengisian ulang dengan melakukan pemilihan langsung Senin (23/7).

Dari 11 anggota yang ada di komisi itu, dua di antaranya yakni Muh Dahlan dan Nur Hidayat Pramudyanto tidak hadir. Dari perhitungan suara yang dilakukan, anggota Fraksi Golkar Rohman mendapatkan perolehan suara terbanyak. Seluruh anggota yang hadir memilih dirinya.

“Telah terpilih ketua Komisi C atas nama Rohman,” kata Luhur Pambudi. Sedangkan posisi wakil yang sebelumnya ditempati Rohman, Anang Hidayat dari Fraksi Pelangi, mendapat suara terbanyak kedua. Adapun Tunaryo dari PDI Perjuangan mendapatkan suara di bawah Anang dan praktis menjabat sekretaris.

“Di Komisi C sudah kembali tersusun komposisinya dan harapan kami mereka segera bisa maksimal menjalankan fungsinya,” tambah Luhur. Dikatakan, permasalahan di bidang retribusi yang menjadi bidang tugas Komisi C cukup besar. Masih banyaknya celah pendapatan yang bocor dan target dari pemkab yang masih di bawah kenyataan, menjadi hal yang harus disikapi.

Sementara itu, Rohman saat dimintai tanggapannya mengatakan, Pasar Baledono masih menjadi topik yang layak diperbincangkan. Walaupun sudah dibuka dan ditempati pedagang, dalam perjalananya masih ada permasalahan yang harus diselesaikan.

“Target di sektor tambang yang ditetapkan pemkab untuk tahun 2019 sebesar Rp 450 juta juga perlu kami tanyakan. Dengan potensi yang ada saat ini, di mana ada beberapa proyek nasional di Purworejo yang membutuhkan bahan tambang galian c, namun ternyata kenaikan target hanya Rp 50 juta dari 2018,” kata Rohman.

Menurutnya, diperhitungkan dengan baik target pajak bisa lebih dari yang sudah ditetapkan dan angkanya hingga miliaran rupiah. “Pak ketua tadi juga bilang tentang pajak restoran maupuan pajak reklame yang masih jauh dari harapan. Ini akan kami gali kembali data-data di lapangan, sehingga perhitungan penerimaan yang diperoleh pemkab bisa lebih besar lagi,” tandas Rohman. (udi/laz/mg1)