KULONPROGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo telah melakukan perbaikan 6.899 Daftar Pemilih Sememetara (DPS) bermasalah temuan Panwaslu. KPU pun menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) sebanyak 334.682 calon pemilih.
“Penetapan DPSHP melalui verifikasi dan revisi yang telah dilakukan hingga Selasa (17/6). Dari semua calon pemilih tersebut, 162.661 orang laki-laki, dan 171.731 perempuan,” kata Komisioner KPU Kulonprogo Marwanto, Senin (23/7).

Dari ribuan temuan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), KPU telah memperbaiki seluruhnya. Temuan paling banyak di Temon. Ada 4.000 DPS yang harus diperbaiki. Kesalahan berupa identitas tertukar, alamat keliru dan nomor Kepala Keluarga (KK) kosong.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kulonprogo Ria Harlinawati mengatakan pihaknya tetap akan melakukan pencermatan data perbaikan KPU. Memastikan data terbaru tidak ada kesalahan lagi.

“Hasilnya percermatan akan kami informasikan,” kata Ria.
Sebelumnya, Panwaslu Kulonprogo menemukan ribuan DPS dalam proses pencocokan dan penelitian (Coklit) KPU Kulonprogo. Di antaranya, aparat aktif, orang meninggal, tanpa nomor identitas masuk dalam pendataan DPS. (tom/iwa/mg1)