JOGJA – Meira Saga, 5, tampak bersemangat sekali menggoyang-goyangkan tas ransel kecilnya yang menggantung di punggungnya. Tas dari kavas bergambar bunga-bunga itu dia lukis sendiri saat mengikuti workshop ‘Art on Textile’ di Nanamia Pizzeria Tirtodipuran, Sabtu (21/7).

Workshop tersebut merupakan kerja sama dengan Eko Nugroho Art Class (ENAC) untuk menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli.
Manajer marketing ENAC Gilang Rizky Dewanti mengatakan, kelas yang digagas seniman Eko Nugroho itu bergerak di bidang pendidikan khususnya pendidikan seni untuk anak-anak. Menghadapi era kecanggihan teknologi di mana anak-anak terpapar gawai setiap hari, kegiatan kreatif dirasa perlu untuk keseimbangan perkembangan tumbuh kembangnya. “Kegiatan kreatif seperti seni rupa ini berpengaruh ke emosi dan motorik anak,” jelas Gilang.
Karena, kata dia, melalui menggambar atau membuat sesuatu langsung dengan tangan seperti bermain plastisin, melibatkan indra peraba dan imajinasi anak.
Marketing Nanamia Pizzeria Ika Indriyanti mengatakan, pihaknya memberi ruang untuk kegiatan anak-anak melalui berbagai workshop rutin. “Sasarannya anak umur 4 sampai 12 tahun,” katanya.

Kali ini workshop dengan tema ‘Art on Textile’ digelar dua hari hingga hari ini. Jika kemarin melukis di tas kanvas, hari ini anak-anak dapat berkarya mewarnai kaus dengan teknik celup atau tie dye. Dua kegiatan itu dipilih agar anak dapat menggunakan produk buatannya sendiri. Sehingga menumbuhkan kebanggaan dari kreativitasnya sendiri. “Inginnya mereka membuat sesuatu yang nggak hanya jadi pajangan, tapi biar dipakai sehari-hari,” jelas Indri. (tif/din/mg1)