SLEMAN – Kontingen Sleman keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Wartawan Daerah (Porwada) DIJ III 2018. Juara umum terasa komplet, setelah tim sepak bola Sleman meraih emas dengan mengandaskan Gunungkidul 3-0 di Stadion Pancasila UGM, Minggu (22/7). Sementara perunggu sepak bola diraih Jogja setelah mengalahkan Bantul dengan skor 5-2.

Pada Porwada kali ini, kontingen Sleman mendominasi hampir seluruh cabang olahraga yang dilombakan. Sleman, tercatat meraih 16 medali emas, 3 perak dan tiga perunggu. Posisi runner-up ditempati Bantul dengn 3 emas, lima perak dan 8 peringgu. Posisi ketiga bercokol Gunungkidul dengan 2 emas, dua perak dan 1 perunggu.

Sementara itu juara umum di Porwada sebelumnya, secara mengejutkan hanya memperoleh 1 emas, 12 perak dan 9 perunggu. Jogja, harus puas berada di peringkat 4 klasemen. Sedangkan Kulonprogo dengan raihan 5 perunggu berada didasar klasemen peraihan medali Porwada.

Ketua Pantia Pelaksana Porwada DIJ III 2018 Janu Riyanto mengatakan, setelah Porwada ditutup, wartawan kembali melebur untuk persiapan Porwanas 2020 di Papua. “Sudah tidak ada lagi kotak-kotak. Tantangan berat mempertahankan posisi delapan besar,” jelas Janu.

*)E: Emas; P: Perak; P: Perunggu

Pelaksanaan Porwada hingga 22 Juli memberikan atusiasme di semua cabang. Selanjutnya tim pencari bakat Siwo DIJ menentukan atlet-atlet yang akan disertakan dalam Porwanas. “Selanjutnya kami akan gelar Pelatda yang tentunya berbeda dengan pelatda atlet profesional,” jelasnya.

Pada pelaksanaan Porwada tahun ini, ada 22 medali emas yang diperebutkan dan sembilan cabang olahraga yang ditandingkan.

Sleman dengan raihan 16 emas, 3 perak dan 3 perunggu, dikukuhkan sebagai juara umum Porwada DIJ yang ketiga.

Sementara itu Bupati Sleman Sri Purnomo mengaku bangga Sleman secara sukses menyelenggarakan Porwada ketiga. Dia pun mengapresiasi raihan juara umum kontingen Sleman. Bupati berharap para wartawan yang disiapkan ke ajang Porwanas bisa menjalani pelatihan dengan baik. “Jangan hanya delapan besar, kalau bisa naik menjadi lima besar,” katanya. (bhn/laz/mg1)