MAGELANG – Perkembangan pesat dialami Universitas Tidar (Untidar) Magelang. Jika saat masih belum berstatus negeri untuk mencari 500 mahasiswa kesulitan, kini Seleksi Mandiri Masuk (SMM) dilihat dari pilihan prodi 1 dan pilihan prodi 2 mencapai 4.890 peminat.

“Dulu ibaratnya mencari 500 mahasiswa untuk semua jurusan yang ada sulit. Sekarang untuk jalur SMM PTN saja ada 4.890 peminat,” kata Ketua Panitia Ketua SMM Untidar 2018 Prof Dr Sukarno M.Si, Minggu (22/7).

Jumlah ini naik sebanyak 1.946 peminat atau sekitar 66,7 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu hanya diminati 3.892 orang. Program Studi Kelompok Saintek ada 10 buah terdiri atas S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Sipil, D3 Teknik Mesin, S1 Agroteknologi, S1 Peternakan, S1 Akuakultur, S1 Pendidikan IPA, S1 Pendidikan Biologi dan S1 Pendidikan Matematika.

Kemudian Program Studi Kelompok Soshum ada sembilan terdiri atas S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Akuntansi, S1 Manajemen, D3 Akuntansi, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Hukum, dan S1 Ilmu Komunikasi.

“Berdasarkan data peminatan, tiga prodi dengan peminat terbanyak adalah S1 Ilmu Administrasi Negara dengan 506 peminat, S1 Manajemen dengan 491 peminat dan S1 Ilmu Komunikasi dengan 463 peminat,” tuturnya.

SMM Untidar sengaja dilaksanakan pada hari Minggu kemarin. Mengingat mereka masih menggunakan ruang kelas beberapa sekolah yang ada di sekitarnya. Di antaranya SMPN 11 Kota Magelang, SMPN 13 Kota Magelang dan SMPN 2 Magelang.

“Kami sudah berproses untuk menyelenggarakan kegiatan ini sesempurna mungkin namun pasti tetap ada kekurangan. Sebagai pelaksana tugas rektor, saya menjamin pelaksanaan SMM Untidar 2018 terselenggara setransparan mungkin,” jelas Plt Rektor Untidar Prof Drs John Hendri Msi, PhD.

Menurutnya, sebagai salah satu perguruan tinggi negeri baru (PTNB), Untidar sudah sangat luar biasa dikenal dan diminati para calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Total pedaftar dari mulai jalur Seleksi Bersama Masuk perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan SMM Untidar telah mencapai hampir 17 ribu orang.

“Jumlah ini sangatlah fantastis bagi perguruan tinggi negeri baru. Maka itu, tidak ingin terlena maka kami pun terus meningkatkan pelayanan akademik bagi sivitas akademika,” tegasnya.

Peningkatan jumlah pendaftar disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya pembukaan tiga prodi baru yaitu Akuakultur, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi. Total prodi yang dibuka untuk SMM Untidar 2018 adalah 19 prodi terdiri atas 17 prodi S1 dan 2 prodi D3. (dem/laz/mg1)