MESKI berstatus laga persahabatan, kekalahan Liverpool 1-3 atas Borusia Dortmund di ajang International Champions Cup (ICC) pagi tadi, bisa dibilang memalukan.

Komposisi mahal yang diturunkan pelatih Jurgen Klopp belum mampu menunjukkan hasil terbaik di laga pertama pada tour Amerika kali ini.

Dua pemain anyar Liverpool Naby Keita dan Fabinho sudah bermain pada laga yang digelar di Bank of America Stadium. Ke duanya memang tidak bermain bersamaan. Fabinho dimainkan dibabak pertana mendampingi Adam Lallana dan Curtis Jones dibarisan tengah. Pada laga itu, pemain yang ditransfer dari Monaco seharga £47,3m tersebut menunjukkan perannya sebagai gelandang bertahan berkualitas.

Alhasil dibabak pertama Liverpool mampu unggul 1-0 melalui tandukan bek termahal dunia Virgil Van Dijk (25′).

Babak kedua, terjadi pergantian komposisi pemain di kedua tim.
Dua bintang Dortmund Christian Pulisic dan Mario Gotze yang menjadi kunci kemenangan saat laga pertama melawan Manchester City diturunkan.

Begitu pula dengan the Reds. Klopp melakukan perombakan dilini belakang, tengah dan depan. Keita, pemain asal RB Leipzig serharga £52,75m dimainkan bersama pemain gaek James Milner dan pemain muda, Ben Woodburn.

Trio serang Liverpool yang sebelumnya ditempati Divock Origi, Rafael Nacho dan Lazar Markovic digantikan oleh Daniel Sturridge, Dominic Solanke dan Sheyi Ojo.

Di babak kedua the Reds tampil lebih menekan dan menyerang. Berkali-kali pergerakan Keita merepotkan barisan pertahanan Dortmund, yang dikomandoi Marcel Schmelzer.

Keasyikan menyerang, ternyata membuat organisasi pertahanan Liverpool lengah. Skema fast break Dortmund menandai dua gol ke gawang Liverpool.

Gol pertama tercipta akibat bek Ragnar Klavan harus menahan laju Pulisic dikotak terlarang, sehingga berbuntut penalty.
Pulisic yang mengambil tendangan penality memperdaya Loris Karius.

Di menit 82 lagi-lagi Pulisic menjadi momok barisan pertahanan Liverpool. James Milner yang dipercaya sebagai gelandang bertahan, kerap memberi ruang gerak terhadap para penyerang Dormund. Tendangan keras Pulisic (82′) membuat Karius, kembali memungut bola dari gawangnya.

Pada injury time, gol ketiga yang bersarang ke gawang Liverpool, menunjukkan bahwa kehadiran Alisson Becker untuk menggantikan Karius tampaknya tepat. Lagi-lagi kiper yang dibeli dari Mainz 05 tersebut melakukan blunder di mana gagal mementahkan bola, ke zona aman. Bola rebound dari Karius, dimanfaatkan dengan baik oleh Jacob Larsen, menambah keunggulan Dortmund menjadi 3-1.

Raihan kemenangan Dortmund, merupakan yang kedua kalinya diajang IC C. Sebelumnya, skuad asuhan Lucien Favre ini menaklukan salah satu raksasa Premier League, Manchester City. (bhn/ila/fn)