JOGJA РMaskapai penerbangan bintang lima Garuda Indonesia resmi membuka outlet di Jogja City Mall (JCM). Outlet ke tiga setelah Magelang dan Purworejo ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan saat bertransaksi secara offline. 

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Jogja Jubi Prasetyo menuturkan, memang saat ini penjualan Garuda banyak dilakukan secara online. Namun hal ini tak menjadikan Garuda stagnan di situ saja.

Jubi menjelaskan, ini merupakan bagian dari pengembangan strategi channel distribution yang ada di Garuda. Menurutnya, penjualan tiket secara offline masih dibutuhkan masyarakat. Khususnya bagi mereka yang membutuhkan tiket secara mendadak dan ingin service lebih.

“Ini adalah peluang. Secara angka dari dua outlet sebelumnya masing-masing memiliki kontribusi penjualan sekitar 10 persen. Beda sama online di mana kami menjalin kerja sama dengan mitra yang kontribusinya sampai 50 persen,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya menilai walaupun hanya 10 persen, angka ini memiliki keunggulan sendiri. Yakni pelanggan dapat merasakan experience membeli tiket secara langsung sambil berbelanja serta dapat melakukan komunikasi dua arah dengan petugas.

“Misal, pelanggan akan melakukan perjalanan ke Bali. Di sana mereka belum tahu akan menginap di mana. Di sini petugas kami akan dengan sennag hati memberikan masukan yang tidak pelanggan ketika bertransaksi lewat online,” jelasnya.

Sebagai maskapai kelas atas, Garuda Indonesia memiliki visi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Baik itu dalam hal pembelian tiket ataupun saat berada di dalam pesawat.

Jubi memaparkan, dari tahun ke tahun jumlah penumpang yang menggunakan maskapai ini terus mengalami pertumbuhan. Dari 2016-2017 misalnya jumlah penumpang naik hingga 30 persen dibanding tahun sebelumnya. Bahkan di semester pertama ini (Januari-Juni) 2018 sudah terjadi kenaikan penumpang sebesar 20 persen.

“Jelas ini menjadi kebanggaan bagi kami. Semoga dengan dibukanya offline store ini dapat menggenjot penjualan dan menambah jumlah pengguna Garuda,” jelasnya.

Sementara itu, Komisaris Utama PT Garuda Mitra Sejati KGPH Hadiwinoto mengungkapkan,, ini satu langkah untuk menambah fasilitas yang ada di JCM. Selama ini JCM belum memiliki tenant yang menawarkan layanan pembelian tiket perjalanan dalam bentuk airlines ataupun travel.

“Semoga kerja sama ini menjadi awal yang baik bagi kita semua. Baik bagi mitra, Garuda, dan segenap staff dan pemilik yang ada di JCM,” terangnya. (sce/met/ila)