SLEMAN – PSS Sleman berpeluang melakukan brace kemenangan saat menjamu Blitar United di Stadion Maguwoharjo malam ini. Skuad Super Elja (Elang Jawa)-julukan PSS Sleman harus bisa memanfaatkan kelelahan fisik sang tamu usai menjalani laga di Piala Indonesia pertengahan pekan ini.

Tidak hanya Blitar United, PSS Sleman pun sebenarnya tengah pekan ini juga menjalani pertandingan menghadapi PSD Demak. Namun sebagai tuan rumah, PSS Sleman memiliki waktu recovery yang lebih panjang dibanding tim asal Kota Lahar itu. Bahkan, skuad asal Blitar, Jawa Timur ini tidak sempat menggelar uji coba lapangan, karena baru datang Jumat sore (20/7). ”Kami memilih mengistirahatkan skuad. Kami percaya kualitas lapangan stadion ini,’’ kata Pelatih Blitar United Bonggo Pribadi.

Laga kedua tim ini digaransi akan menarik. Sebab, hasil akhir bisa jadi sebagai laga penentu untuk merebut posisi puncak ataupun runner up. Bila Super Elang Jawa memenangkan pertandingan, peluang untuk menggeser Madura FC di posisi puncak lebih besar. Begitu juga dengan Blitar United yang berpeluang menggeser PSS Sleman dan Madura FC bisa berhasil poin penuh di laga tandangnya.

Tetapi, bagi PSS Sleman, tentu wajib mengamankan poin penuh di laga kandang terakhir putaran pertama ini. Peluang untuk itu memang terbuka lebar jika melihat tren positif PSS Sleman di dua laga terakhir. Di laga kandang terakhir, PSS Sleman sukses berpesta ke gawang Persigo Semeru FC dengan lima gol tanpa balas. Sedangkan di Stadion Citarum, Semarang, gilaran tim lapis PSS membekuk PSD Demak dengan skor 1-0.

GRAFIS: ERWAN TRI CAHYO/RADAR JOGJA

Apalagi, pada pertandingan kali ini, sejumlah pemain kunci yang mengalami cedera sudah mulai merumput. Syamsul Chaeruddin, I Made Wirahadi dan gelandang serang Ilham Irhaz sudah bermain di laga melawan PSD Demak.

”Untuk Wirahadi dan Syamsul kondisinya masih kita lihat. Kembalinya mereka membuat komposisi pemain jadi beragam,” kata Seto.

Meski di atas angin, Seto tidak ingin menganggap remeh yang akan dihadapinya hari ini. Apalagi, sebagai mantan satu tim Bonggo Pribadi saat menjadi pemain, Seto hapal betul karakter Bonggo. ”Saya banyak belajar dari Bonggo saat bermain. Saat melatih, dia bisa membuat pertahanan Blitar menjadi lebih baik secara teknis,” katanya.

Seto pun menargetkan poin penuh pada laga hari ini. Namun, dia mengakui kualitas anak-anak Blitar. Mereka adalah tim dengan banyak pemain muda. Dia akan menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil menekan sejak awal laga.
Bek PSS Sleman M Zamzani menyatakan cukup siap pada laga hari ini. Para pemain, cukup fokus memberikan kemenangan di hadapan para supporter PSS Sleman. Di laga sebelumnya, kesalahan-kesalahan dan blunder akan diminimalisasi. Menurutnya itu lebih dikarenakan pemain kelelahan. “Sekarang kami pada kondisi fit,” jelasnya.

Bonggo Pribadi meminta anak asuhnya tampil menyerang. Bonggo mengaku, untuk meraih poin penuh di Maguwoharjo bukannya perkara mudah. Apalagi, menurut dia, PSS Sleman memiliki skuad, yang secara kualitas berada di atas timnya. ”PSS punya pemail level Liga 1. Tapi kami berusaha mencuri poin dan bermain dengan baik,” tegasnya. (bhn/din/mg1)