SLEMAN – Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIJ menggelar bedah buku di Desa Sidomoyo, Godean. Buku yang dibedah adalah ‘Kiat Sukses Budidaya Ikan Gurami’.
Lewat kegiatan ini, Kepala BPAD DIJ Monika Nur Lastiyani tidak henti-hentinya mengajak kepada masyarakat agar gemar membaca dan bukan hanya sibuk dengan sosial media saja. “Bedah buku ini sudah kesekian kalinya dari total 48 kali target kami,” katanya.

Menurutnya, kehadiran teknologi bukan merupakan pesaing. Justru sebaliknya, teknologi semakin mempermudah kampanye literasi. Menurutnya membaca sekarang memiliki sekmen tersendiri. Generasi muda misalnya. Lebih suka membaca melalui telepon pintarnya. “Maka dari itu, kami memanfaatkan teknologi dan membuat inovasi seperti I-Jogja yang berisi lebih dari 4.500 judul buku,” bebernya.
Pihaknya juga turut memfasilitasi kebutuhan untuk para akademisi. Tercatat, ada i-Journal, i-Magazine dan i-Newspaper yang bisa diakses oleh masyarakat. “Jadi teknologi bukan pesaing tapi bagaimana cara berjalan berdampingan,” ujarnya.

Namun, dia mengingatkan agar tidak mengesampingkan peran buku. Sebab, buku masih menjadi bahan rujukan utama dan perannya vital. Seperti halnya dengan buku yang dibedah ini.
Monika juga menyebutkan, potensi dari Desa Sidomoyo ini memang pada perikanan. Sehingga dengan hadirnya buku ini masyarakat mau membaca. Tidak hanya mendengarkan ceramah bedah bukunya saja. “Tapi juga sampai pada aplikasi,” bebernya.

Kepala Desa Sidomoyo Hariyadi mengungkapkan buku ini akan sangat bermanfaat untuk warganya. Kehadiran buku ini akan meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan masyarakat dalam budidaya gurami. “Saya berharap acara seperti ini digear lagi di sini,’’ harapnya. (har/din/mg1)