ADALAH Pemkab Bantul dalam hal ini Bappeda Bantul, dan Dinas PU dengan BPD DIY, yang menggawangi hadirnya Taman Paseban. Hadirnya Taman Paseban ini, mampu mempercantik wajah Kota Bantul. Taman dengan ikon Patung Jathilan tersebut, kini telah menjadi kebanggan masyarakat Bantul.

Tiap hari, terlebih khusus di sore hari, taman ini selalu dipenuhi masyarakat. Mereka yang datang, tak hanya warga Bantul dan sekitarnya, juga banyak dari luar Bantul. Mereka datang untuk berekreasi keluarga, kulineran, dan bermain.

“Kami mewakili masyarakat dan Pemerintahan Desa Bantul, menyambut baik kehadiran Taman Paseban. Dampak positifnya sangat banyak,” kata Kepala Seksi Pemerintahan Desa Bantul, Nur Sasanto SE di ruang kerjanya, Kamis (19/7).

Menurut Nur, Taman Paseban telah menjadi kebanggaan masyarakat Bantul. Ini karena manfaatnya yang luas. Di antaranya menjadi ruang terbuka hijau, menjadi taman bermain, dan menjadi pusat perekonomian baru. “Tiap sore ramai sekali, apalagi jika malam Minggu atau malam libur lainnya,” tandasnya.

Di Taman Paseban tiap sore memang ramai. Banyak masyarakat yang berekreasi keluarga di sana. Ibarat ada gula, ada semut. Seiring semakin ramainya pengunjung, diikuti dengan banyaknya penjualan
jajanan, baik itu makanan ringan, makanan berat, hingga mainan anak-anak.

“Juga banyak tersaji permainan anak-anak, seperti odong-odong dan sejenisnya. Sehingga menjadi pusat perekonomian baru di sini,” lanjutnya.

Belum lama ini, Pemerintah Desa Bantul melakukan pendataan yang berkunjung dan yang berjualan di sana. Tidak disangka, baik pengunjung maupun penjaja makanan, ada yang datang dari luar Bantul. Ada yang dari Sukoharjo, Klaten dan lainnya. “Melihat data ini, kami tersanjung dan bangga. Karena Taman Paseban telah mebawa dampak positif terhadap kebahagiaan banyak orang,” ujarnya.

Untuk siang hari, Taman Paseban yang menyatu dengan lapangan Alun Alun Paseban dimanfaat sebagai sarana olah raga, dan aktivitas anak-anak sekolah. Sebagai contoh untuk latihan upacara, untuk latihan baris berbaris, dan lain-lain.

Seperti pagi kemarin, anak-anak SD Muhammadiyah Kota Bantul dengan penuh kegembiraan berolah raga di sana. “Kami setiap Kamis dan Selasa berolah raga di sini,” kata Nabil, Murid Kelas 5 SD Muhammadiyah Kota Bantul.

Hal yang sama dikatakan Surya yang juga murid Kelas 5 SD Muhammadiyah Kota Bantul. “Kami senang bisa berolah raga di sini. Memang biasanya juga banyak aktivitas lain di sini, dan bila padat aktivitas, baru kita olah raga di lapangan lain,” ungkapnya.

Nabil dan Surya tak hanya saat berolah raga sekolah datang ke Taman Paseban, tapi setiap saat. Menurut keduanya, hadirnya Taman Paseban telah menjadi wahana atau tempat bermain yang nyaman dan menyenangkan. “Tak hanya fasilitas bermainnya, tapi komplet. Dengan datang ke Taman Paseban, kami bisa cari jajanan apa saja. Dan bisa leluasa bermain,” ungkap keduanya. (*/jko/mg1)