BANTUL – Ada Parangtritis I, Parangtritis II, dan pantai selatan. Itulah konsep penataan kawasan sepanjang pantai selatan yang dirancang pemkab. Rancangan konsep ini di antaranya untuk merespons pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon, Kulonprogo. Yang tak kalah penting lagi, konsep ini untuk menyongsong sekaligus mendukung visi gubernur DIJ. Yakni, Abad Samudera Hindia.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengaturan Tata Ruang Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Bantul Wiyana mengungkapkan, pembagian tiga kawasan ini berdasar fungsi dan peruntukkannya. Parangtritis I, Contohnya.

Kawasan mulai Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok ini tetap didesain sebagai destinasi wisata. Seperti Parangtritis I, kawasan Parangtritis II juga sebagai destinasi wisata. Bedanya, kawasan mulai laguna hingga sebelah timur Pantai Samas ini tidak hanya didesain sebagai destinasi. Lebih dari itu, juga didesain sebagai kota transit oriented development.

”Konsep ini untuk menyambut wisatawan yang datang dari bandara,” jelas Wiyana di kantornya Kamis (19/7).

Dikatakan, kawasan pantai selatan mulai Pantai Samas hingga Pantai Baru Pandansimo. Menurutnya, kawasan ini tidak diproyeksikan sebagai objek wisata. Melainkan sebagai sarana penunjang wisata. Beragam sarana penunjang wisata seperti hotel, restoran, hingga pusat perbelanjaan. Rencananya, di kawasan ini juga bakal didirikan asrama haji.

”Tapi untuk namanya (kawasan pantai selatan, Red) masih bisa berubah. Sesuai dengan usulan,” ucapnya.

Agar benar-benar terancang, Wiyana mengungkapkan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) maupun Dispertaru telah mempersiapkan dokumen perencanaan. Sesuai dengan kewenangan masing-masing. Dispertaru, misalnya, saat ini fokus menggarap perencanaan kawasan Parangtritis II.

”Masterplan-nya di Bappeda,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wiyana juga membocorkan progres rencana pembangunan jembatan Kretek II. Yakni, jembatan yang menghubungkan Pantai Depok dengan Pantai Samas. Saat ini desainnya memasuki tahap penyempurnaan.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono berharap kawasan pantai selatan menjadi pusat perekonomian baru. Mengingat, tidak sedikit wisatawan yang bakal melintas di Kabupaten Bantul. Dengan begitu, angka ketimpangan dapat berkurang. Karena itu, dia berjanji bakal segera menyelesaikan konsep pembangunan kawasan pantai selatan.

”Ngarso Dalem sudah meminta untuk segera direalisasikan,” katanya. (ega/zam/mg1)