MUNGKID – Pemkab Magelang memulai rangkaian kegiatan Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata. Sebanyak 78 peserta yang terdiri atas 23 putra dan 55 putri, mengikuti tes tertulis dengan materi kepariwisataan, kebudayaan, pengetahuan umum, kebangsaan dan bahasa Inggris. Kegiatan resmi dibuka Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga (Dispapora) Pemkab Magelang Iwan Sutiarso di Aula Gedung Disparpora.

“Melalui ajang ini, kami harapkan sosok Duta Wisata terpilih adalah mereka generasi muda yang inovatif dan kreatif dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Magelang,” kata Iwan, Kamis (19/7).
Peserta juga akan diuji tes wawancara dan psikotes. Dari hasil tes awal itu akan dipilih 15 pasang finalis Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Magelang yang akan melaju ke grand final di Atrium Artos Mall, 26 Juli mendatang. Para finalis akan mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan seperti beauty class, ngadi saliro lan ngadi busono, table manner, class coreografi, public speaking, charater building, outbond dan lainnya.

“Mereka juga akan mengikuti photo session (sesi fotografi), audiensi dengan bupati Magelang. Dilanjutkan malam unjuk bakat saat grand final yang merupakan puncak acara,” tuturnya.
Bertindak sebagai juri kegiatan ini Sus Anggoro (budayawan), Sahrodin (Ketua Pesona Magelang), AKBP Hari Purnomo (pemerhati wisata), Hikmatun Balighoh Nur Fitriyati (psikolog) dan Tatok Prihasmanto (desainer busana). (dem/laz/mg1)