PURWOREJO – Puluhan anak muda yang berminat menjadi anggota militer mendapatkan serangkaian pelatihan fisik dari Kodim 0708 Purworejo di seputaran Alun-alun Purworejo.

Mereka mengikuti pelatihan setelah mendapat sosialisasi tentang pendaftaran calon Taruna Akmil, Bintara, dan Tamtama TNI. Harapannya, saat dibuka pendaftaran nantinya mereka telah memiliki kesiapan fisik dan administrasi.

“Latihan yang kami berikan lari 3.200 meter, push up, sit up dan lainnya,” kata pelatih jasmani Serka Agung Waras, Rabu (18/7).

Agung mengakui pelatihan tersebut memang diarahkan agar peminat menjadi anggota TNI ini akan memiliki pemahaman batasan kemampuan fisik. Selain itu mereka juga diberikan motivasi serta rasa percaya diri.

Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Muchlis Gasim mengatakan jika pelatihan itu memang dimanfaatkan agar calon anggota TNI bisa memahami hal-hal yang dibutuhkan saat penerimaan anggota TNI.

Mereka yang mendapatkan pelatihan tentu akan berbeda dari calon yang baru saja mendaftar. “Anggota Kodim harus bisa mendidik dan menyiapkan calon prajurit TNI, agar pada saat pelaksanaan seleksi mereka sudah siap dari segi kesehatan, jasmani, mental ideologi dan psikologi,” kata Dandim Gasim.

Pembinaan fisik yang dilakukan bertujuan untuk memastikan bahwa untuk tes masuk anggota TNI benar benar tidak dipungut biaya atau gratis. “Memang pelatihan jasmani yang dilakoni ini tidak bisa menentukan kelulusan nantinya. Semuanya tergantung dari kemampuan calon anggota,’’ tegasnya. (udi/mg1)