MUNGKID – Sebagai wujud kepedulian terhadap ekosistem dan lingkungan, jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Mungkid lakukan tebar benih ikan, Selasa (17/7). Kegiatan yang dipadukan dengan penanaman bibit pohon tersebut dilakukan di Desa Citrosono, Grabag, Kabupaten Magelang.

Bibit ikan yang ditebarkan antara lain Ikan Mas, Nila dan Mujahir. Sedangkan bibit pohon yang ditanam di antaranya manggis, pohon aren dan pohon mahoni. “Jumlah totalnya ada 700 bibit pohon. Semua jenis tanaman keras. Yang bisa berfungsi menahan longsor,” kata Kajari Mungkid Eko Hening Wardono SH,

Dijelaskan, kegiatan tersebut dalam rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-58 Tahun 2018. Penanaman pohon dilakukan sebagai bentuk kepedulian kejaksaan terhadap kelestarian lingkungan. Mengingat saat ini keberadaan air bersih semakin langka. “Penanaman pohon ini adalah sebagai bentuk investasi terhadap kelestarian air di masa depan,” tuturnya.

Sedangkan tebar benih ikan, dilakukan sebagai bentuk menumbuhkan kepedulian masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan. Termasuk menjaga kebersihan dan ekosistem di sungai sehingga dapat dinikmati oleh anak cucu kita nanti.“Selanjutnya kegiatan akan teruskan bakti sosial di panti asuhan yatim putri di Pabelan (Mungkid),” jelas Eko.

Ditambahkan Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Mungkid Anang Zaki Kurniawan SH, rangkaian HBA akan dilanjutkan pada Kamis (19/7) besok. Kegiatannya berupa doa dan asa kejaksaan untuk Indonesia, dengan melibatkan unsur masyarakat, kejaksaan, dan unsur agama. “Puncaknya pada tanggal 23 Juli mendatang, berupa upacara dan resepsi tasyakuran,” ujar Zaki.

Camat Grabag Labaika Nugroho sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan bhakti sosial tersebut. Apalagi kegiatan tersebut dilaksanakan Kejari Mungkid dalam merayakan Hari Bhakti Adhyaksa ke 58 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke XVIII. “Ini merupakan perwujudan kecintaan dan kepedulian terhadap ekosistem alam dan kelestarian lingkungan yang akan bermanfaat bagi generasi yang akan datang,” tandas Labbaika. (dem/din/mg1)