SLEMAN – PSS Sleman dipastikan tidak didampingi suporter setianya, saat menghadapi PSD Demak di Piala Indonesia yang digelar di Stadion Citarum, Semarang hari ini (18/7). Pantia pelaksana (panpel) pertandingan PSD Demak vs PSS Sleman tidak memberikan rekomendasi suporter Elang Jawa -julukan PSS hadir memberikan dukungan pada pertandingan tersebut.

Keputusan pelarangan kehadiran supporter Sleman baik BCS maupun Slemania, tertuang dalam keputusan yang dikeluarkan Askab Demak merujuk pada surat Kapolda Jawa Tengah No B/6858/VII/2017/JTG tanggal 26 Juli 2017. Menilik hasil surat yang dikeluarkan Askab Demak, pelarangan pendukung Sleman di Jawa Tengah masih diberlakukan.

“Manajemen PSS berharap semua pihak termasuk teman-teman suporter untuk menghormati keputusan yang dikeluarkan pihak kepolisan dan tuan rumah. Mari bersama-sama menjaga iklim positif dan doakan Super Elang Jawa mendapat hasil maksimal di Piala Indonesia,” seperti ditulis laman tim PSS Sleman.

Sementara itu pada laga nanti, pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantara mengisyaratkan mengistirahatkan sejumlah pemain kunci. Bisa dimaklumi, sebab tiga hari berselang Hisyam Tolle dkk harus berhadapan dengan Blitar United di Stadion Maguwoharju Sabtu (19/7).

Pada laga tandang ke Semarang, PSS Sleman hanya membawa 15 pemainnya.
Deretan nama penghuni pemain kunci yang tampik cemerlang saat membantai Semeru FC, tetap berada di Sleman. Hisyam Tolle, Ichsan Pratama, Dave Mustaine, Slamet Budiono, Rifal Lastori, dan ujung tombak Tambun Naibaho tak diboyong pada lawatan kali ini.

“Kami akan turunkan pemain yang jarang dimainkan,” kata Seto Nurdiyantara Selasa (17/7).

Bukan tanpa alasan, laga melawan PSD Demak tetap akan menjadi prioritas. Mengingat padatnya laga yang bakal dijalani PSS Sleman dalam pekan ini faktor fisik pemain akan menjadi pertimbangan pelatih, untuk melakukan rotasi pada timnya.

“Kami tetap main serius di sana. Apalagi ini juga kesempatan yang bagus untuk menambah jam terbang pemain yang jarang tampil,” ujarnya.

Mantan pelatih PSIM Jogja tidak memasang target pada pertandingan kali ini. Dia menekankan, laga di Piala Indonesia, sebagai ajang pembuktian para pemain yang jarang tampil reguler di skuad Super Elja.

“Target kami pemain enjoy main senang di sana,” kata Seto.

Mengenai komposisi pemain, PSS Sleman tampaknya bakal merombak total starting elevennya. Tiga pemain yang absen cukup panjang, yaitu Ilham Irhaz, Syamsul Chaeruddin, dan juga penyerang I Made Wirahadi kemungkinan juga akan diturunkan dipertandingan ini.

Ilham Irhaz yang mengalami kecelakaan sudah bermain dilaga terakhir. Sementara Syamsul Chaeruddin dan Warhadi, sudah bisa berlatih bersama skuad lain. “Hanya beberapa nama dari pemain inti yang kami pertahankan,” kata Seto. (bhn/din/mg1)