MAGELANG–Polres Magelang Kota memberikan kemudahan dalam pelayanan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bagi bakal calon legislatif (bacaleg). Bahkan, untuk mempercepat pelayanan akan diberlakukan lembur.”Kebijakan ini kami lakukan agar proses administrasi para bacaleg di KPU tidak terganggu,’’ kata Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Dwi Yoga.

Menurut Kasat Intelkam Polres Magelang Kota, AKP Moch Yusuf, beberapa hari ini permintaan SKCK meningkat tajam dibanding sebelumnya. Sejumlah bacaleg langsung datang sendiri untuk mendapatkan surat tersebut dengan membawa segala persyaratan.

Dikatakannya, mereka yang meminta SKCK ini untuk pendaftaran Bacaleg dalam Pileg 2019 tingkat Kota Magelang. “Permintaan sebenarnya sudah ada sejak sebelum Lebaran lalu. Tapi, sekarang makin banyak, karena pendaftaran Bacaleg di KPU sudah dibuka hari ini (Selasa (17/7), Red),” tuturnya.

Yudistira, 29 tahun, salah satu pemohon SKCK mengutarakan sejak pagi mengantre di kantor Satuan Intelkam untuk mendapatkan surat tersebut. Warga Kelurahan Gelangan, Kecamatan Magelang Tengah ini mengaku, memang tertarik ikut dalam kontestasi Pileg 2019 tingkat Kota Magelang.

Ada banyak alasan yang membuatnya memberanikan diri mendaftar sebagai bakal calon wakil rakyat. Dia mengaku sudah cukup lama di kepengurusan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). “Kalau dulunya hanya terlibat kampanye-kampanye saja, sekarang saya ingin maju sendiri,” ungkap pria yang memiliki latar belakang pendidikan S1 Bahasa Inggris ini.(dem/din/mg1)