PURWOREJO – Enam siswa SMAN 1 Purworejo mewakili Jawa Tengah dalam Olimpiade Sains Nasional 2018. Mereka adalah Arief Romadhon (medali perak bidang Fisika), Sokhibul Wajhil Munir (medali perak bidang Kebumian), dan Augusto Prastyo Yushuhiro Prakoso (medalii perunggu Bidang Kimia).

Sementara tiga duta lain yang menjadi finalis nasional adalah Ria Nurlita Rahmawati (bidang astronomi), Vinka Amalia Hasta Barata (bidang ekonomi) serta Widya Anugrah Kinasih (bidang Biologi).

“Prestasi mereka adalah kebanggaan kami,” ujar Kepala SMAN 1 Purworejo Padmo Sukoco saat upacara bendera hari pertama masuk sekolah Senin (16/7).

Menurutnya, proses panjang harus mereka tempuh untuk mendapatkan prestasi tersebut. Setidaknya mereka mulai mengikuti seleksi di tingkat kabupaten pada Februari lalu, dilanjutkan April seleksi tingkat Jawa Tengah dan akhirnya Juli ini berlaga di tingkat nasional.

Menurut Padmo, anak-anak yang berprestasi itu memang sebagian besar tinggal jauh dari sekolah. Namun hal itu tidak mengurangi semangat mereka untuk belajar. “Peraih medali itu 2 dari Kecamatan Grabag dan 1 dari Kecamatan Bayan ,” ujar Padmo. (udi/din/mg1)