BANTUL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul tampaknya bakal kuwalahan menghadapi hari terakhir pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg). Sebab, hingga H-2 Senin (16/7) baru ada tiga partai politik (parpol) yang mendaftarkan bacaleg. Yakni, Partai Nasdem, PSI, dan PKS.

”Hingga pukul 16.00 baru ada tiga partai. Tidak ada tambahan,” jelas Komisioner KPU Kabupaten Bantul Divisi Teknis Arif Widayanto.

Dengan minimnya pendaftar ini praktis belasan parpol yang tersisa bakal mendaftar hari ini. Mengingat, batas akhir pendaftaran bacaleg adalah pukul 23.59 hari ini. Arif mengaku telah memprediksi hal tersebut. Itu berdasar pengalaman Pemilu 2014. Mayoritas parpol mendaftar di hari-hari terakhir.

Terkait tahapan setelah pendaftaran, lanjut Arif, KPU bakal memverifikasi seluruh berkas persyaratan bacaleg. Verifikasi maksimal hingga 18 Juli. Kemudian, 19 hingga 21 Juli adalah evaluasi.

”Setelah itu perbaikan dokumen mulai 22 hingga 31 Juli. Kalau tidak diperbaiki dicoret,” tegasnya.

Ketua DPD PKS Bantul Amir Syarifudin mengatakan, seluruh berkas persyaratan 45 bacaleg PKS telah komplet. Dengan begitu, tinggal menunggu tahapan berikutnya.

”Termasuk kuota keterwakilan 30 persen perempuan juga terpenuhi,” ucapnya.

Berbeda dengan pemilu 2014, Amir mengaku menaruh perhatian khusus kepada generasi milenial. Itu ditandai dengan adanya bacaleg dari kalangan pemuda di setiap daerah pemilihan (dapil).

”Ini sebagai bentuk regenerasi,” ujar Amir menyebut PKS mematok enam kursi pada pemilihan legislatif (pileg) 2019.

Ketua DPD Partai Nasdem Bibit Rustamo mengungkapkan hal senada. Dia menyebut ada 45 bacaleg yang didaftarkan. Komposisinya, 24 bacaleg laki-laki. Sisanya perempuan.

”Targetnya nanti delapan kursi,” tambahnya. (ega/zam/mg1)