JOGJA – Para siswa di SMA Bopkri Satu (Bosa) Jogja akan bisa dipantau aktivitasnya di sekolah melalui smartphone. Itu seiring dengan dimulainnya kerjasama antara SMA Bosa Jogja dengan PT Bank NegaraIndonesia (Persero) Tbk atau BNI untuk menerapkan sistem aplikasi  BNI Education Parental Control atau disingkat BNI eduPATROL.

“Dengan aplikasi BNI eduPATROL ini semua pemantauan, pembayaran hingga tugas dari sekolah bisa dipantau oleh orang tua,” ujar Pemimpin BNI Kantor Cabang UGM Suryo Wikanthomo di sela penandatanganan kerjasama antara BNI UGM dengan SMA Bosa Jogja senin (16/7). SMA Bosa Jogja menjadi sekolah pertama di DIJ yang melakukan kerjasama pemanfaatan layanan digital BNI eduPATROL tersebut.

Dalam BNI eduPATROL dilengkapi juga dengan solusi billing management system yang terintegrasi dengan BNI Virtual Account, guna memberikan kemudahan bagi sekolah dalam mengelola tagihan biaya pendidikan dan memberikan kemudahan bagi orangtua siswa dalam melakukan pembayaran dimana saja dan kapan saja. “Seperti untuk pembayaran SPP, orang tua bisa lagsung membayarnya melalui aplikasi,” katanya.

Pria yang akrab disapa Thomo itu menambahkan dalam BNI eduPATROL tersebut akan memudahkan orang tua untuk memonitor kegiatan maupun tugas anaknya di sekolah. Meski layanan tersebut besutan BNI, tambah Thomo, penggunaanya tidak hanya untuk transaksi pembayaran saja. “Semacam buku penghubung, jadi orang tua tahu anaknya masuk sekolah tidak atau besoknya ada tugas atau ulangan apa. Semua aktivitas anak di sekolah bisa terpantau,” ungkapnya.

Diakuinya selama ini sudah ada beberapa sekolah swasta yang ingin mengaplikasikan BNI eduPATROL di sekolahnya. Tapi untuk yang pertama kerjasama dilakukan di SMA Bosa Jogja. Kedepan, lanjut Thomo, kerjasama serupa sudah ditargetkan ke beberapa sekolah swasta lainnya. “Sasaran berikutnya sekolah negeri di seluruh DIJ,” terang alumni SMA 3 Jogja itu.

Sementara itu Kepala SMA Bosa Jogja Andar Rujito menyambut baik kerjasama dengan BNI tersebut. Menurut dia saat ini pemanfaatan teknologi merupakan kebutuhan. Terlebih para siswa yang sudah sangat familiar dengan penggunaan smartphone. “Sekolah dan orang tua juga tidak boleh gaptek, maka adanya aplikasi seperti BNI eduPATROL ini sangat membantu,” terangnya.

Pria asal Wonosari itu menambahkan penggunaan aplikasi eduPATROL sangat membantu dalam hal pembayaran, presensi hingga penyebaran informasi ke siswa maupun orang tua. Telnologi seperti itulah yang dinilainya dibutuhkan untuk mendukung pendidikan. “Kami sambut baik kerjasama ini karena sangat praktis, efisien, maju dan modern dalam pelayanan ke peserta didik,” tuturnya. (pra/ong)