PURWOREJO – Rumah kayu yang didiami lima jiwa di RT 2 RW 4 Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, terbakar dan menyisakan bagian dapur saja, Kamis malam (11/7) sekitar pukul 22.30. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian materi mencapai Rp 40 juta.

Kepala Desa Wadas Rita Setyo Mihayu mengungkapkan, kebakaran itu menimpa rumah milik Muhtar, 51, yang berada relatif jauh dari pemukiman warga lainnya. Penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek yang bersumber dari colokan listrik.

“Cerita Pak Muhtar, sumber api berasal dari colokan di ruang tengah yang menempel di tiang kayu,” kata Rita Setyo Kamis (12/7). Api cepat menjalar karena tepat di tiang kayu terdapat kasur. Warga yang mengetahui kejadian itu segera mengupayakan pemadaman.

“Warga berusaha maksimal agar api cepat padam, tapi gerakan mereka kalah cepat dengan api yang terus merembet dan membesar,” tambah Rita.

Kebakaran yang memakan bagian utama rumah mengakibatkan kerugian tak sedikit. Setidaknya simpanan uang Rp 7 juta lebih luluh lantak menjadi abu, selain perhiasan emas 8 gram yang belum ditemukan, serta surat berharga lainnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Sutrisno yang menyambangi kediaman korban pasca pemberian bantuan logistik menyampaikan keprihatinannya. “Kami berikan bantuan logistik yang layak untuk keluarga Pak Muhtar. Setidaknya untuk beberapa waktu kebutuhan harian keluarga itu ditangani dulu sambil menunggu proses perbaikan rumah,” katanya. (udi/laz/fn)