BANTUL – PSSI resmi menutup proses pendaftaran pemain untuk tim-tim peserta Liga 3. Dalam tahapan pendaftaran yang resmi ditutup pada 10 Juli lalu, manajemen Persiba Bantul akhirnya hanya mendaftarkan 19 pemain untuk berkompetisi musim ini.

Manajer Pesiba Bantul Endro Sulastomo mengatakan, skuad yang dimiliki Persiba Bantul memang cukup minimalis. Sebab, manajemen sebenarnya ingin mendaftarkan sekitar 22 pemain untuk mengarungi kompetisi. ”Idelanya memang 22 pemain. Hanya, jelang penutupan pendaftaran pemain, ada tiga pemain yang sudah mencapai kesepakatan dan siap didaftarkan, ternyata bermasalah dengan administrasinya,” kata Endro Kamis (12/7).

Setelah gagal mendaftarkan tiga pemain , manajemen memilih untukk mendaftarkan dua pemain seleksi yang selama ini ditempatkan sebagai pemain pelapis guna melengkapi kedalaman skuad. Tambahan 2 pemain tersebut akhirnya membuat tim saat ini total memiliki 19 pemain.

Ke-19 pemain yang didaftarkan Persiba yakni Fadzan Adzima, M Afzian Nursan (kiper), Slamet Widodo, Kesuma Satria Yudhistira, Azmi Al Muzaham, Diky Pratama Putra, M Halili, Faisal Nur Abidin, Dymas Khabul Pratama (bek), Johan Manaji, Arif Satyayudha Alkanza, Untung Wibowo, Bagus Tri Atmojo, Andres Renaldo Sesa (gelandang). Sedangkan di lini depan ada Yohanes Edgard Rahawarin, M Fiky Aditya Rachmad, Awaludin Saputro, Resky Ramadhan dan Rezza Ajie Yudhantara.

Endro mengatakan Persiba Bantul akan maksimalkan skuad yang saat ini ada. Jika dilihat dari kualitas pemain, sebenarnya tidak ada masalah. ”Pemain yang kami miliki selama ini telah membuktikannya. Tinggal dimantapkan di sepekan terakhir ini,” ungkapnya.

Mengenai gambaran tim lawan yang akan dihadapi yakni Persipur Purwodadi, Persatu Tuban dan Persijap Jepara, Endro melihat, kekuatan tim-tim yang akan menjadi pesaing di kompetisi musim ini tergolong seimbang. Sebab dari data yang ada di pendaftaran, jumlah pemain tim-tim Liga 3 berkisar 20 pemain saja. ”Mungkin karena hanya 3 laga di putaran pertama,” jelasnya.

Menurut Endro, dari sisi teknis pemain yang dimiliki sudah cukup baik. Namun, manajemen tetap akan berupaya menambah pemain pada putaran kedua mendatang. Saat ini ada beberapa kompetisi Liga 3 regional daerah yang belum selesai. ”Kami akan coba tambahkan pemain dari region daerah itu di putaran kedua nanti,” ujarnya. (bhn/din/fn)