SLEMAN – Tergiur ingin memiliki burung kicauan, Kurniawan Priantoro, 24, nekat mencuri seekor burung Murai dan seekor burung Jalak. Aksi pelaku yang berprofesi sebagai karyawan swasta ini tergolong nekat. Terlebih sasarannya adalah rumah seorang anggota Sat Brimob bernama Eric Prasetia.

Kapolsek Kalasan Kompol Teguh Mulyono menuturkan, pelaku beraksi Sabtu dini hari (7/7) . Dalam aksinya Kurniawan tidak seorang diri. Terbukti ada pelaku lain yang saat itu sedang mengendarai kendaraan bermotor roda dua.
“Burung yang dicuri ditafsir bernilai jutaan atau tepatnya sekitar Rp 3 juta. Pelaku beraksi dini hari pukul 03.00 untuk mengelabuhi sang pemilik burung. Diduga kedua pelaku memang sudah mengawasi rumah korban terlebih dahulu,” jelasnya Rabu (12/7).

Teguh menjelaskan, aksi pencurian burung terjadi di Dusun Tunjungan Gatak II, Selomartani, Kalasan. Kondisi lingkungan memang tergolong sepi saat dini hari. Untungnya aksi pelaku ini kepergok langsung oleh sang anggota Brimob.
Kala itu Eric baru saja pulang dari menonton pertandingan sepak bola piala dunia. Sesampainya di depan rumah dia melihat ada sepeda motor terparkir. Terlihat pula seorang lelaki sedang duduk di jok motor tersebut.

Saat ditanya, pengendara motor terlihat gugup. Mengetahui pemilik rumah pulang, pengendara motor berasalan kehabisan bensin. Saat Eric memasuki rumah barulah pelaku melarikan diri dengan kendaraan miliknya.

Tanpa pikir panjang Eric langsung meringkus Kurniawan, hanya saja pelaku sempat kabur. Setelah melalui pengejaran yang tidak begitu lama, Kurniawan diamankan di areal persawahan. Usai tertangkap, pelaku diserahkan ke Polsek Kalasan.

Dari hasil penyelidikan, pelaku mengaku baru pertama kali beraksi. Motifnya tergiur memiliki burung kicauan dan mendapatkan uang dari Murai tersebut.
“Pelaku warga Dusun Kaliwaru, Selomartani, Kalasan, masih satu desa tapi beda dusun saja. Dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, ancamannya tujuh tahun,” jelasnya. (dwi/ila/fn)