JOGJA – Para seniman dan seniwati serta budayawan diharapkan bisa terus menjaga esensi Jogjakarta sebagai Kota Budaya melalui karya dan kontribusinya dalam setiap kegiatan seni.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja Eko Suryo Maharsono dalam kegiatan Silahturahmi Seniman Jogja di Pendopo Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Rabu (11/7).

“Lewat silahturahmi ini para seniman bisa berkumpul dan saling mendukung apa yang menjadi tujuan bersama. Serta membawa dan menjaga Kota Jogja tetap berbudaya, jelasnya di sela-sela acara tersebut.

Eko menambahkan, kegiatan tersebut sudah direncanakan sejak lama oleh Disbud Kota Jogja. Selama ini pihaknya selalu didukung para seniman dalam setiap kegiatan budaya.

“Acara kami tidak bisa berjalan sempurna tanpa keterlibatan para seniman dari berbagai lintas seni. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada mereka yang selalu mendukung kami. Ke depan kami juga akan terus memberikan dukungan kepada para seniman,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi yang turut hadir menyampaikan apresiasinya terhadap seniman yang selama ini senantiasa mau menjaga dan memelihara atmosfer seni di Jogja.

“Apa yang menjadi ciri khas Kota Jogja baik seni budaya maupun berbagai seni lainnya datang dari para seniman ini, mereka mempunyai peran besar untuk kota Jogja,” tutur Heroe.

Dia juga berpesan kepada para seniman dan budayawan agar bisa terus memberikan inspirasi kepada masyarakat melalui nilai-nilai seni dan budaya yang mereka bawa.

Salah seorang seniman Kota Jogja Khocil Birawa menyambut baik kegiatan yang digelar Disbud Kota tersebut. Dia bersama seniman-seniman yang lain dapat berkumpul untuk bersilahturahmi.

“Kegiatan ini positif sekali, Disbud sebagai fasilitator kami berkesenian selalu memberikan ruang seni budaya baik individu, grup, maupun komunitas,” tutur pria berambut gondrong ini.

Dalam kegiatan ini, sekitar 100 lebih seniman dan budayawan di Kota Jogja bersama-sama menyaksikan Dagelan Mataram dan Pangkur Jenggleng. (*/ita/ila/fn)