JOGJA – Program Studi Arsitektur Universitas Aisyiyah Jogjakarta (Unisa) menggandeng Universiti Teknologi Malaysia (UTM) untuk mengadakan workshop yang terbagi dalam dua topik. Yakni Design and Planing Workshop on Children`s Place in Urban Setting yang diadakan 8-9 Juli dan Sustainable Public Space Design in Tropical Cities pada 9-13 Juli 2018.

Hadir sebagai pemateri Prof Dr Ismail Said, Dr Nor Zalina Harun, Dr Farhana Deris, Dr Lee Yoke Lai, dan AP Dr Mohd Hisyam Rasidi.

Kepala Prodi Arsitektur Tika Ainunnisa berharap workshop ini dapat meningkatkan kapasitas perencanaan mahasiswa di bidang arsitektur serta melatih skill konsep analisis.

“Kami mencoba mengenalkan mahasiswa kepada para pakar supaya nantinya mahasiswa ini bisa magang diluar negeri dan bisa menguatkan jejaring,” ucap Tika.

Dia menambahkan, kegiatan ini bukan hanya dilakukan di dalam kelas tetapi survei di lapangan. Seperti pengamatan langsung di Kampung Niten, Titik Nol, dan daerah sekitar Plengkung Gading hingga Panggung Krapyak.

Prof Dr Ismail Said mengaku sangat senang bisa berbagi ilmu kepada para peserta. Dia merasa puas saat melihat antusiasme tinggi para mahasiswa dalam mengikuti workshop ini.

Workshop ini diikuti para mahasiswa dari berbagai univeesitas. Di antaranya UGM, UTY, Atmajaya, dan calon mahasiswa arsitek melakukan pendaftaran terlebih dahulu di Unisa.

“Saya harap kongsi ini tetap berlanjut dengan Unisa agar dapat mengembangkan ilmu bersama-sama,” kata Ismail. (sce/met/ila)