MAGELANG–Puncak peringatan HUT ke 72 Bhayangkara dilakukan dengan upacara bendera di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang, Rabu (11/7). Upacara ini sekaligus menutup berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Di antaranya lomba hafalan surat pendek, lomba Poskamling, sampai lomba tari tradisional.

Dalam kesempatan itu Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan menyerahkan hadiah-hadiah kepada para pemenang lomba. Menurutnya, lomba-lomba ini diadakan untuk umum dalam rangka mendekatkan dengan masyarakat. “Antusiasmenya luar biasa, banyak anak-anak yang ikut lomba dan warga juga semangat menggiatkan Poskamlingnya,” jelasnya.

Upacara ini dipimpin Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito. Dia sangat mengapresiasi kinerja aparat Polres Magelang Kota yang tanpa lelah menjaga kondusivitas wilayah. Terlebih berhasil melewati dua momen penting, yakni Hari Raya Idul Fitri dan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 tanpa ada gangguan berarti.“Rakyat merasa dilayani dan diayomi Polri, ini luar biasa. Maka, kita harus beri penghargaan pada Polri yang sedang berulang tahun ini. Ketika kita libur Lebaran, mereka justru bekerja untuk menjaga kondusivitas wilayah,” ujarnya.

Dikatakannya, setelah berhasil menjaga keamanan dan ketertiban di dua momen besar ini, masih ada kegiatan lain yang sudah menunggu di depan. Sigit pun menegaskan Pemkot Magelang siap bekerja sama dengan Polri dan unsur lain. Kerja sama selama ini dengan Polri sangat baik. Sinergitas Polri dan TNI juga baik. Sinergi ini yang harus terus ditingkatkan, saling komunikasi dan koordinasi. ”Kami ada grup Whatsapp dan kegiatan bersama yang bisa meningkatkan sinergitas itu,” tuturnya.

Di Polres Magelang, usai Upacara Peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Lapangan Soepardi, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, memberikan ejumlah penghargaan kepada anggota yang berprestasi. Sekaligus melepas 30 anggota yang telah purna tugas. “Jadi setiap bulan kami selalu memberikan reward kepada anggota yang telah mampu melaksanakan tugas yang di luar biasanya,’’ kata Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo.

Bulan ini ada personel-personel yang memang pantas untuk mendapatkan pengharggaan tersebut. Salah satunya adalah Polsek Salam yang mempunyai basic deteksi dini yang lebih bagus dibandingkan dengan polsek-polsek lainnya.(dem/din/fn)