SLEMAN – Polda DIJ masuk salah satu dari tiga kepolisian daerah yang diwacanakan naik tingkat ke tipe A oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Dua lainnya adalah Polda Banten dan Polda Bengkulu.

Kapolda DIJ Brigjen Pol Ahmad Dofiri menyambut positif wacana tersebut.
Menurutnya, wacana peningkatan tipe Polda DIJ lantaran perkembangan dinamika keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat Jogjakarta.
“Masih dalam rencana usulan. Peningkatan status tentu harus diimbangi oleh beberapa aspek. Seperti sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, serta anggaran,” ujar Dofiri di sela perayaan HUT ke-72 Bhayangkara di mapolda setempat Rabu (11/7).

Dofiri mengatakan, ketiga aspek tersebut sangat krusial untuk menunjang kinerja kepolisian. Soal SDM, kata Dofiri, masih cukup ideal. Begitu pula sarana dan prasarana, serta anggarannya. Hanya, semua itu perlu dievaluasi lagi untuk keperluan peningkatan tipe Polda DIJ.

“Pasti ada data-data yang dibutuhkan untuk peningkatan tipe ini. Seperti administrasi, kajian, hingga pengelolaan kamtibmas dan penanganan perkara. Tapi pada intinya kami siap (tipe A, Red),” jelasnya.

Dikatakan, berdasarkan riset litbang Mabes Polri per 6 Juli 2018 atas tingkat kepercayaan masyarakat, Polda DIJ menduduki peringkat kedua tertinggi secara nasional. Dari 34 lembaga kepolisian daerah se-Indonesia. Prestasi ini menjadi salah satu nilai plus Polda DIJ. “Polda DIJ meraih 93,13 persen. Ini bukti bahwa warga masyarakat Jogjakarta sangat percaya kepada jajaran kepolisian di Jogjakarta,” ujarnya.

Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X mengamini bahwa Polda DIJ telah mampu bersinergi dengan masyarakat secara baik. Pun demikian hubungan polda dengan instansi pemerintahan maupun swasta. “Saya harap Polda DIJ terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pertahankan hubungan harmonis dan imbangi dinamika Jogjakarta,” tuturnya.

Di Mapolresta Jogja perayaan HUT ke-72 Bhayangkara menjadi momentum pengukuhan tim patroli sepatu roda yang akan ditugaskan di kawasan Malioboro. Tim ini dibentuk khusus untuk memperkuat pelaksanaan kamtibmas di ikon wisata Jogja itu. (dwi/riz/yog/fn)