PURWOREJO-Penampilan polisi cilik (pocil) 30 siswa SD Negeri 1 Kutoarjo, Purworejo mengundang aplaus panjang dari tamu undangan peringatan HUT ke-72 Bhayangkara di Mapolres Purworejo, kemarin (11/7). Kombinasi iringan dari musik dangdut hingga dolalak mengiringi gerak mereka tentang pesan keselamatan berlalulintas.

Pemimpin Pocil SDN Kutoarjo, Purworejo Nasywa Dhiya Prasojo, 11, dengan suara lantang berisi memandu rekan-rekannya. Sebelumnya mereka memberikan penghormatan kepada Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya. “Kami senang dengan penampilan kami hari ini. Ini luar biasa,” kata Naswa yang ditemui usai tampil.

Diakuinya tidak mudah memimpin teman-temannya yang tidak sedikit. Setidaknya dibutuhkan waktu empat bulan untuk bisa menunjukkan penampilan terbaik. Sebelumnya mereka juga telah berlatih selama satu tahun untuk mengikuti lomba tingkat Satlantas Polres Purworejo.‚ÄĚKami menang di tingkat Polres Purworejo dan sekarang tengah bersiap ikut tingkat Polda,” jelas siswa kelas 5 ini.

Guru pendamping siswa, Endah Nur Utami menyampaikan jika melatih anak-anak dengan jumlah cukup banyak memang menguras tenaga. Hanya saja dengan dukungan dari Satlantas Polres Purworejo yang tidak kenal lelah melatih, menjadikan kemampuan anak-anaknya bisa muncul. “Anak-anak diberikan 12 gerakan yang harus dikuasai. Kadang anak itu kurang konsen dan mengkompakkan itu butuh latihan yang ekstra keras,” kata Endah.

Kasatlantas Polres Purworejo AKP Nyi Ayu Fitria Facha mengaku terkesan dengan penampilan anak-anak polisi yang mendapat tempaan dari satuannya. Dia tidak menyangka jika anak-anak itu bisa menampilkan gerakan terbaik.
Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya memimpin langsung upacara ini. Tampak hadir Bupati Purworejo Agus Bastian, Ketua DPRD Luhur Pambudi Mulyono serta anggota Forkompimda yang lain. Polres Purworejo juga menyerahkan berbagai penghargaan baik kepada anggota maupun masyarakat yang telah memberikan kontribusi positif bagi Polres. (udi/din/fn)