PURWOREJO – Titik rawan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Jalan Tentara Pelajar disikapi Satlantas Polres Purworejo dan Dinas Perhubungan. Setidaknya, ada dua tempat yang dipasang road barrier pembatas jalan.
Dua tempat yang dipasang itu adalah pertigaan keluar dari jalan arah Doplang dan lampu traffic light di depan Toko Hidayat Pangenrejo. Sebagai langkah awal agar masyarakat terbiasa, ke depan rencananya akan dibuat secara permanen.

“Ya, itu anev Satlantas dengan pemkab atau Dinas Perhubungan ya. Karena kami melihat selama ini di kawasan itu sering terjadi kecelakaan lalu lintas,” kata Kasatlantas Polres Purworejo AKP Nyi Ayu Fitria Facha Selasa (10/7).

Dikatakan, khusus di jalan arah Doplang selama ini kondisinya cukup memerlukan. Berada di tikungan cukup tajam dan kondisi jalan yang agak miring menjadikan pengguna jalan harus hati-hati. Dengan adanya pembatas jalan itu, penggendara harus memutar terlebih dahulu dan diharapkan mereka akan meningkatkan kehati-hatiannya.

“Setidaknya sekarang tidak bisa langsung berbelok ke kanan dari arah Doplang. Demikian halnya yang dari arah Purworejo hendak masuk ke Doplang, harus memutar hingga SMA 1 dulu,” katanya.

Sementara di perempatan traffic light Toko Hidayat, Nyi Ayu melihat banyak pengguna jalan yang nekat menyerobot jalan. Dengan tingkat kepadatan arus lalu lintas, aksi serobot jalan itu kerap mengakibatkan laka lantas. “Ada rencana dari pemassangan road barrier ini akan ditingkatkan menjadi median jalan atau permanen,” ungkapnya.

Disinggung kemungkinan adanya tempat lain yang akan diperlakukan sama dengan kawasan tersebut, Nyi Ayu mengatakan pihaknya belum memiliki pandangan lain. Pemasagan tidak bisa dilakukan serta merta dan harus koordinasi dengan dishub. (udi/laz/fn)