JOGJA-Siswa SD Muhammadiyah Sapen kembali mendulang prestasi di kancah internasional dan mengharumkan Indonesia. Maulana Satya Adigama menyabet tiga medali sekaligus dalam ajang olimpiade matematika internasional di Bulgaria.

Ketiga medali tersebut yaitu the second place dan silver for all pada International Mathematical Triathlon Apollonia yang berlangsung 23-26 Juni di Sozopol Bulgaria, serta bronze medals pada Bulgaria International Mathematics Competition (BIMC) 1-6 Juli.

Koordinator pembinaan Olimpiade Mtematika SD Muhammadiyah Sapen Heru Waseso menyebut perjuangan yang dilakukan oleh anak didiknya sangat berat. Hal itu lantaran soal-soal yang diberikan pada olimpiade di Bulgaria ini berbeda dari soal yang diberikan di Indonesia. Dia menjelaskan di Indonesia soal-soal olimpiade berbasis high order thinking skill (HOTS). “Soal-soal di olimpiade internasional sangat sulit, sehingga setiap peserta membutuhkan waktu 3-4 jam untuk menyelesaikan soal,” tutur Heru.

Sebelumnya, Satya, sapaannya, harus melalui berbagai tahapan sebelum bertolak ke Bulgaria. Dia bersama peserta lain yang berasal dari berbagi daerah di Indonesia dikarantina selama dua tahap yang bertempat di Padepokan Amir Syahrudin, Klinik Pendidikan Matematika (KPM) Kabupaten Bogor. Selama masa karantina, Satya diberikan pelatihan yang lebih intensif guna mematangkan persiapan.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (Dikdasmen PDM) DIJ Ariswan memberikan apresiasi kepada Satya.”Tentu juga membuat bangga organisasi dan kota Jogja,”tandasnya.

Kepala SD Muhammadiyah Sapen Agung Rahmanto mengatakan, prestasi anak didiknya ini tidak lepas dari kolaborasi dan sinergitas antara orang tua siswa, guru, sekolah dan semua elemen. “Terimakasih karena telah membantu siswa SD Muhammadiyah Sapen untuk berprestasi,” ungkapnya.

Dua siswa lainnya juga mengukir prestasimembanggakan. Novin Raushan Fikr dan Nida Nur Hafidzah menyabet medali perak dan perunggu dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2018 di Padang, Sumatera Barat 1-7 Juli. (har/din/fn)