SAINT PETERSBURG – Semifinal Piala Dunia 2018 bakal dibuka dengan laga perang bintang, Prancis vs Belgia di Saint Petersburg, yang akan mulai pukul 01.00 Rabu (11/7). Duel dua kekuatan dari Benua Biru ini bisa dipastikan sengit, mengingat materi pemain kedua kesebelasan.

Dilansir dari jpnn.com, mayoritas antarpemain juga sudah saling kenal, karena membela klub yang sama. Tak ada rahasia. Paul Pogba (Prancis) dan Romelu Lukaku (Belgia), mereka adalah kawan akrab. Mereka sama-sama digaji Manchester United.

Eden Hazard (Belgia) dan N’Golo Kante (Prancis) keduanya dari Chelsea. Hugo Lloris (Prancis) dan Jan Verthongen (Belgia) merupakan dua pilar tak tergantikan di Tottenham Hotspur.

Jadi, apa dan siapa yang akan menentukan kemenangan timnya nanti? Berikut, di bawah ini keunggulan dan kelemahan Prancis dan Belgia. Kekuatan Prancis yakni muda dan cepat. Les Bleus memiliki kelebihan di counter attack yang hampir selalu efektif dengan motor utama di Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe. Set pieces dan bola-bola atas juga jadi salah satu alternatif lumbung gol Prancis.

Kelemahan Prancis, performa pertahanan mereka layak disoroti. Meski hanya bobol empat kali dari lima laga sebelumnya, lini belakang Prancis, terutama Samuel Umtiti, kerap teledor. Apalagi, yang dihadapi dini hari nanti adalah tim dengan produktivitas nomor satu di Rusia.

Sedangkan kekuatan Belgia, tim ini memiliki Eden Hazard dan Kevin De Bruyne sebagai motor serangan. Itu belum ditambah Romelu Lukaku yang lebih tajam ketimbang Olivier Giroud. Singkatnya, lini depan tim polesan Roberto Martinez lebih berbahaya dan terbukti dengan menyandang tim paling produktif di Rusia.

Kelemahannya, konsistensi dan konsentrasi Eden Hazard dkk, terutama lini belakang, sedikit terkendala bila melawan tim dengan permainan cepat. Tertinggal dua gol lebih dulu oleh Jepang di 16 besar adalah catatan merah bagi pelatih Roberto Martinez. Terlebih, Thomas Meunier absen karena akumulasi kartu kuning. (jpnn/ila)