SINGLE pertamanya, Saka & Lara, sukses dan menjadi original soundtrack sebuah novel terlaris akhir 2017 lalu. Bemandry kembali merilis single Relakanmu Untuknya.

“Single baru ini saya kemas dalam nuansa musik pop, sehingga mampu memberi nyawa kuat pada cerita yang ingin saya sampaikan kepada pendengar. Liriknya menggambarkan sebuah kisah kasih yang tidak tersampaikan,” ujar solois kelahiran Jakarta itu.

Bem, sapaan akrabnya, menceritakan, lagu yang dia ciptakan masih memiliki benang merah dengan single sebelumnya. Relakanmu Untuknya mengisahkan tentang gejolak cinta anak muda, baik yang pernah Bem temui secara langsung, mengalami sendiri, maupun tertulis di buku-buku yang pernah dibacanya.

Karya ini mengisahkan seorang lakon hasil imajinasi Bem. Karakter yang ada dalam kepalanya tersebut bersikukuh untuk mempertahankan rasa cinta yang sangat besar pada seseorang. Sayangnya rasa itu tak pernah terucap, walau mereka berdua selalu bertemu dalam berbagai kesempatan. Hingga pada akhirnya, dia harus merelakan orang yang dicintai itu ke pelukan orang lain yang lebih bernyali untuk memaparkan isi hatinya. Lirik Relakanmu Untuknya juga mengisahkan seseorang yang masih berharap dan menunggu wanita yang dia cintai.

Kebetulan, Bem baru saja menyelesaikan rangkaian tur promo di beberapa kota Indonesia. Dari situ dia bertemu para pendengar barunya.

“Alhamdulillah ada rasa senang karya saya bisa didengarkan kawan-kawan baru di luar daerah. Di sana saya menemukan banyak cerita dari mereka. Mengenai bagaimana ketika mereka sulit mengutarakan perasaan pada orang yang mereka cintai,” jelas sosok yang pernah aktif di salah satu surat kabar di Jogjakarta.

Bem tidak bergerak sendiri menggrap single baru itu di dapur rekaman. Dia dibantu beberapa pihak hingga proses produksinya berjalan lancar dan kini bisa didengar di banyak platform digital. Di antaranya, Luke Ottaviandri dari Batiga. Dia bertindak sebagai music director. Juga Firkan Abo dari Satisfactsound Records selaku produser.

“Relakanmu Untuknya adalah lagu tentang cinta yang cukup rumit, namun Bem bisa menyampaikannya dengan mudah,” ungkap Firkan Abo.

Bagi Firkan, beat yang dibangun dalam lagu itu cukup berat. Dengan progresi akor yang dalam. Dibalut dengan section strings yang cantik dan sangat membangun suasana. “Suara Bem yang khas ini juga menjadi kunci dari keindahan lagu tersebut,” ungkapnya.

Tak dipungkiri, industri musik Indonesia saat ini makin banyak diramaikan penyanyi solo baru yang terus bergerilya dan pantang kendur

mempresentasikan ide mereka dalam bentuk karya musik. Bemandry, salah satunya. Adapun platform digital pendukung karya Bem, di antaranya: Spotify, Joox, Itunes, Amazonmusic, Deezer, dan masih banyak lagi.

Tak cukup sampai di situ, kini Bem terlibat penggarapan karya visual Relakanmu Untuknya dengan menggandeng Halimul Lathif, seniman asal Jogjakarta. Sesuai rencana, karya visual itu akan dirilis tahun ini. (yog/fn)