JOGJA – Dalam rangka meningkatkan daya tarik wisata di DIJ dan menyukseskan Asian Games 2018 18 Agustus mendatang, komunitas sepeda bersama Dinas Pariwisata DIJ dan Kementerian Pariwisata mengadakan kegiatan funbike kemarin (8/7). Diikuti sekitar 500 peserta, acara bertajuk “Ride to Jogja 45 Km” itu start dari halaman Kantor Dinas Pariwisata DIJ Jalan Malioboro, Jogja.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIJ Imam Pratanati mengatakan, even ini untuk mengingatkan masyarakat bahwa Indonesia sebentar lagi akan menjadi tuan rumah Asian Games. Di samping juga even tahunan untuk mempromosikan wisata DIJ melalui sport tourism.

“Selain promo Asian Games juga promosi wisata DIJ, jangan sampai terlena dengan adanya Piala Dunia. Makanya kami ingatkan,” katanya kepada wartawan setelah mengibarkan bendera start.

Imam mengatakan, rute funbike setelah dari Malioboro rombongan menggowes ke selatan melewati Jalan Imogiri Timur, lalu ke Berbah, Lava Bantal, Candi Boko, Jalan Solo, kemudian kembali ke Jogja.

Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Komang Ayu Astuti menambahkan, kegiatan itu kerja sama Kemenpar dengan Dinas Pariwisata DIJ. Agar meningkatkan kepedulian masyarakat, sehingga mereka bangga sebagai tuan rumah AG2018.

“Seperti pesan Bapak Jokowi, harus sukses penyelenggaraan dan ekonomi. Setelah even Asian Games imbasnya tentu ke peningkatan ekonomi, salah satunya kami harapkan peningkatan ke destinasi wisata,” tuturnya.

Selain di Jogja, kegiatan serupa juga dilakukan di Banten dan Jabar juga di funbike. Selanjutnya akan diteruskan nanti dengan kirab obor Asian Games. Diharapkan masyarakat ikut bergembira dan menyebarkan euforianya. (riz/laz/fn)