EROPA kembali menguasai dunia. Itu tergambar pada perhelatan Piala Dunia Rusia 2018. Puncaknya, ketika dua negara dari Amerika Selatan bertekuk lutut tanpa syarat dari dua negara Eropa dipartai perempat final.

Brasil sebagai raja di Piala Dunia dengan raihan lima gelarnya, harus menyerah menghadapi Belgia. Tim samba harus mengakui kepiawaian dari pasukan setan merah dengan skor tipis 1-2 di Stadion Kazan Arena dini hari tadi. Hal ini juga menandakan keramatnya Kazan Arena, karena sebelumnya dua unggulan Jerman dan Argentina kandas di tempat yang sama.

Nasib serupa juga dialami wakil Amerika Selatan lainnya, Uruguay. Setelah tampil perkasa di fase grup dan 16 besar, langkah Luis Suarez cs harus terhenti di tangan les blues dengan skor  0-2. Bahan bakar Uruguay, sepertinya hanya mencukupi hingga babak perempat final.

Melawan tim bertabur bintang Prancis, skuad Charruas –julukan Uruguay seperti kehilangan power. Hilangnya Edison Cavani, dari lini serang juga berpengaruh pada daya dobrak Uruguay.

Di fase gugur babak semifinal sudah terisi oleh Prancis dan Belgia. Slot semifinal lainnya masih diperebutkan oleh empat tim Eropa lain bermain malam ini.

Tuan rumah Rusia, siap menjamu kuda hitam Kroasia. Sebagai tuan rumah, Rusia diuntungkan dengan kahidiran pemain ke-12 mereka, yang akan memadati Fisht Olympic Stadium. Sementara Kroasia, punya semangat tinggi usai mengalahkan Argentina, dengan skor telah 3-0.

Sedangkan laga Inggris kontra Swedia, merupakan pertemuan dua tim kuda hitam. Keberadaan Inggris, mulai diperhitungan usai lepas dari kutukan adu penalti. Sedangkan lawannya Swedia, yang banyak dikritik karena menunjukan sepakbola negatif, tetap akan memberikan kejutan. Soliditas Emil Forsberg cs, dalam bertahan dan melakukan serangan balik, akan menjadi ujian bagi skuad tiga singa.

”Sepakbola adalah permainan tim. Dan kami adalah tim, jangan lupakan itu,” ujar pelatih Swedia Janne Andersson.

Juara PD kali ini adalah ajang pembuktian tim-tim asal Eropa. Siapaun yang juara, trofi PD tidak akan lari dari Benua Eropa. (bhn/ila)