JOGJA – Bhinneka bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar sosialisasi bertema Sosialisasi e-Katalog LKPP: Belanja Cepat Cara Tepat melalui e-Katalog Kamis (5/7). Agenda yang digelar di Hotel New Saphir ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pemerintah daerah tentang manfaat pengadaan barang melalui e-katalog LKPP. Acara ini dihadiri sekitar 100 peserta. Meliputi kepala organisasi perangkat daerah, kepala unit layanan pengadaan, dan layanan pengadaan secara elektronik di DIJ.

Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan, e-katalog menjadi instrumen baru untuk mewujudkan proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Melalui e-katalog, pembelian barang/jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Pengelola pengadaan hanya perlu log in. Lalu, melakukan transaksi melalui laman https://e-katalog.lkppgo.id/.

Agus optimistis pemerintah dapat memilih sekaligus menentukan pembelian produk sesuai dengan kebutuhannya. Menyusul banyaknya pilihan dan fleksibilitas dalam membeli produk. Apalagi, informasi spesifikasi, harga, dan merek telah dibuka dan dapat diakses oleh semua pihak.
”Seluruh masyarakat dapat melihat dan melakukan kontrol. Pokja selaku pembeli juga dapat membandingkan harga barang yang sama dari beberapa penyedia,” ujarnya.

“Jadi, kami dengan medium e-katalog meng-create pasar dan harus harganya terbuka. Sehingga ini semacam crowd control. Dengan demikian publik bisa mengawasi langsung,” lanjutnya.

Direktur Corporate Sales Bhinneka Heriyadi Janwar menjelaskan, Bhinneka sebagai pelopor penyedia barang/jasa secara online telah terverifikasi di LKPP. Juga turut berperan aktif untuk melakukan sosialisasi pengadaan barang/jasa pemerintah melalui e-katalog.

Bhinneka, lanjut Heriyadi, berkomitmen membantu proses reformasi cara belanja pemerintah, termasuk di antaranya pengadaan badan usaha menjadi lebih akuntabel. Setiap harga produk sudah termasuk pajak, sehingga menjamin akuntabilitas serta menghemat pengeluaran rutin pemerintahan.

“Sebagai online store yang telah berkecimpung di dunia distribusi dan penjualan barang/jasa secara online dan offline selama 25 tahun, Bhinneka berkomitmen memberikan produk, harga, pelayanan dan servis terbaik melalui e-katalog LKPP yang memiliki perwakilan resmi di 32 provinsi di seluruh indonesia,” ungkap Heriyadi.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dari berbagai aspek, Bhinneka menawarkan pilihan produk lengkap. Mulai harga khusus untuk produk dalam e-katalog, jaminan garansi, hingga layanan.
Heriyadi meyakini peran agregator online store Bhinneka ke dalam sistem e-katalog LKPP dapat mempercepat akselerasi katalogisasi produk yang akan dibeli oleh pemerintah. Hingga sekarang terdapat lebih dari 31.000 produk Bhinneka yang tayang di e-katalog LKPP. Produk-produk tersebut di antaranya berupa desktop dan notebook, server, office equipment, dan kamera.
”Hal ini dapat mewujudkan efektivitas kinerja dan efisiensi anggaran negara yang dibelanjakan melalui pengadaan barang/jasa. Pada akhirnya, Bhinneka menguatkan kemitraan dengan pemerintah dalam melaksanakan pengadaan nasional,” tambahnya. (*/zam/mg1)