JOGJA – Bosan dengan makanan rumahan yang itu-itu saja? Tenang, kini ada alternatif lain dengan mencicipi hidangan internasional, Surf & Turf. Lantas apa itu Surf & Turf?

Surf & Turf adalah konsep makanan yang menyajikan daging dan seafood secara bersamaan. Sekilas bentuknya mirip steak karena baik daging ataupun seafood diolah dengan cara dipanggang.

Bedanya, jika steak itu daging, nah pada olahan Surf & Turf ada tambahan makanan lautnya seperti udang, cumi, dan ikan.

Daging dan seafood dalam satu piring. (WAHYU METASARI/RADAR JOGJA)

Bahkan untuk urusan saus, ada banyak variannya. Mulai dari barbeque, mushroom, cheese, holand sauce, lemon souce, dan masih banyak lagi.

“Mungkin sebagian masyarakat Indonesia masih awam dengan konsep makanan ini. Namun di Eropa bahkan di kota-kota besar menu ini mulai banyak dijumpai,” kata Executive Chef Grand Aston Jojo dalam launching Surf & Turf, Jumat (6/7).

Menu Surf & Turf Grand Aston Jogjakarta ini nantinya dapat dinikmati setiap malam minggu dengan konsep makan sepuasnya. Tak hanya pertama di Jogja, Chef Jojo mengklaim jika makanan kelas premium ini hanya menggunakan bahan-bahan kualitas terbaik.

“Contohnya daging kami hanya gunakan wagyu Australia. Sedangkan untuk seafood, udang kami pilih ukuran 10, cumi juga demikian, dan ikan kami hadirkan salmon yang kaya dengan omega 3,” jelasnya.

Meski terlihat lezat, tak dipungkiri makanan ini mengandung banyak kolesterol. Untuk mengurangi kandungan kolesterol dalam tubuh, Chef Jojo telah menyiapkan sajian khusus yakni berupa tomat chery organik sebagai camilannya.

“Fungsinya sebagai penyeimbang. Biasanya kalau sudah makan daging dan seafood cepat banget merasa eneg dan kenyang. Untuk mengurangi hal tersebut, disela-sela makan bisa satu dua kali nyemil tomat chery,” tuturnya.

Adapun tomat chery yang digunakan adalah organik dengan rasa manis. “Biasanya tomat itu kan asam ya. Tapi tomat yang satu ini beda. Rasanya manis- manis segar,” ujarnya.

Bagi yang ingin mencicipi menu ini, memang harus merogoh kocek cukup dalam sekitar Rp 135 ribu termasuk dessert dan menu buffet. (met/ila)