JOGJA-Maizar menghadapi ujian pertamanya setelah resmi menerima pinangan PS Tira, Rabu (4/7) lalu. Tak tanggung-tanggung, lawan yang bakal dihadapi adalah tuan rumah Sriwijaya FC, yang kini bercokol di peringkat kelima Liga 1.

Ya, setelah menekan kontrak, mantan pelatih Semen Padang itu langsung terbang ke Palembang, Sumatera Selatan, guna mendampingi skuad The Young Warriors- julukan PS Tira. Praktis dia hanya memiliki waktu sehari untuk mempersiapkan tim berlaga di Stadion Jakabaring markas dari Sriwijaya FC. ”Saya sebenarnya baru mendampingi tim saja karena baru semalam datang dan tadi pagi (kemarin, Red) mengikuti latihan. Secara umum sudah bagus, tinggal bagaimana besok diaplikasikan,” kata Maizar Kamis (5/7).

Malawan tim bertabur bintang itu, PS Tira dipastikan tidak diperkuat oleh tiga pemain kunci. Kapten tim, Manahati Lestusan harus absen karena masih menikmati mas liburan usai mengakhiri masa lajang. Dua pemain lain yang absen yakni bek sayap, Novan Setyo Sasongko dan playmaker asal Negeri Tango, Argentina, Gustavo Lopez.

Guna menggantikan peran Guztavo di lini tengah, PS Tira bisa memainkan pemain asal Argentina lainnya Mariano Berrix untuk bermain di posisi nomor 10. Keberadaan Berrix akan ditopang dua gelandang serang lainnya, Wawan Febrianto dan Sansan Fauzi. ”Bagaimana saya kendalikan cara berpikir supaya bisa besaing di sepakbola nasional. Karena mengenai taktikal baru tadi pagi,” kata pelatih yang pernah menangani timnas di ajang AFF ini.

Menghadapi Laskar Wong Kito-julukan Sriwijaya FC, Nil Maizar menargetkan timnya bisa mencuri poin. PS Tira harus bisa memanfaatkan situasi kondisi internal tim tuan rumah yang kurang kondisif di tubuh tim. ”Target harus berbuat baik kalau bisa curi poin kenapa tidak,” tegasnya.

Di kubu tuan rumah, pelatih Rahmad Darmawan (RD) meminta pada para pemainnya untuk tetap tampil secara profesional. RD memastikan motivasi pemain tetap terjaga dan siap bermain maksimal untuk laga hari ini. ”Saya baru dua hari bergabung dengan pemain, tapi selalu mengikuti day by day. Mereka latihan cukup baik dan punya motivasi yang baik,” tegasnya.

Tuan rumah dipastikan dapat bermain full team. Trisula lini serang Esteban Vizcarra, Beto Goncalves, dan Manu Jalinov dipastikan bakal merepotkan kuartet lini pertahanan PS Tira yang dikomandoi Kim Sang Min. ”Siapa pun yang dimainkan punya tanggung jawab besar,” jelasnya.(bhn/din/mg1)